Tuesday, November 2, 2010

Jangkrik Sebagai Konsumen Tingkat Pertama

Jangkrik merupakan serangga tingkat pertama yang memakan sisa-sisa tumbuhan, tumbuhan berupa daun-daunan, kulit wortel, dan sebagainya.

Dalam perkembangbiakannya, jangkrik termasuk serangga dengan metamorfosis tidak sempurna. Yang dimulai dari telur, jangrik kecil, jangkrik remaja dan jangkrik dewasa.

Krik-Krik adalah nyanyian dan musik disetiap malam hari, tetapi untuk perkotaan mungkin sulit didengar. Sebenarnya bunyi krik-krik ini menandakan jangkrik tersebut ingin melakukan perkawinan, bisa juga sedang mengadakan pesta, atau sedang ada perkelahian untuk menguasai daerah tempat para jangkrik mencari makan. Bunyi ini ditimbulkan dari gesekkan sayap dengan kaki belakangnya yang kuat.

Ukuran jangkrik mulai dari 1 cm hingga sebesar ibu jari (5 cm). Jangkrik biasanya meloncat kesana-kemari dan secapat mungkin bersembunyi ditempat gelap atau di lubang-lubang untuk menghindari pemangsanya.

Warna tubuh jangkrik biasanya kecoklatan, tetapi adanya yang agak abu-abu dengan sungut yang panjang. Mereka hidup bekelompok. Apabila tidak ada makanan lagi dan salah satu dari anggota mereka mati, maka bangkai jangkrik itu bisa menjadi santapan anggota yang lain.

Jangkrik dilingkungan membantu pelapukan dedaunan atau sampah. Dan kotoran padat dan cairan yang dihasilkan oleh jangkrik biasanya berbau amis dan sangat subur bagi tumbuhan. Manfaat lain selain dibuat makanan bagi masyarakat Jawa dan biasanya jangkrik ini buat makanan hewan peliharaan, mulai dari burung-burung, ikan, ular, kadal, dan sebagainya.

Harga jangkrik biasa sangat murah, dan dijual perkantong plastik mulai dari Rp 1.000,- hingga Rp 3.000,- dan bahkan hingga Rp 50.000,- per karung.

Krik-krik, krik-krik, krik-krik...
Oh, rupanya ringtone jangkrik ya...

Artikel atau Gambar-Gambar yang ada dapat dikomentari, tag, dan di download:
ImageGambarKucing Pun Terjangkit Virus A-H1N1
Victory, Kadal Double Tail Sisik Coklat Emas
Jangkrik Sebagai Konsument Tingkat Pertama
Sang Predator
Republik Gayus
Bagai Lintah Darat
Ahli Patah Tulang dari Cimande
Buku Harry Potter And The Deathly Hallows
Suiseki Asal Jepang
http://imagegambar.blogspot.com/
http://www.facebook.com/ImageGambar/
http://www.twitter.com/ImageGambar/