Thursday, February 17, 2011

Aneka Kisah Naga di Dunia

Naga, ada atau tidak ada? Ular raksasa yang panjangnya belasan meter, seperti piton (Pyton reticulatus) dan anakonda biru (Eunectes murinus), memang ada. Keduanya bukan naga. Ada banyak gambaran tentang naga. Ada naga bersayap, berkepala manusia, berkepala banyak, bertanduk, dan atau berkaki. Sampai sejauh ini, belum ada bukti naga dengan bentuk aneh-aneh itu pernah ada!


FOSIL NAGA

Pada tahun 1996, para arkeolog China menemukan fosil (tulang belulang) naga di Desa Guangling, Kota Anshun, China. Panjang keseluruhan badang mencapai 7,6 m, kepalanya 76 cm dan lehernya 54 cm. Tubuhnya memiliki panjang 2,7 m serta lebar 68 cm, dan buntutnya 3,7 m.

Yang unik, di bagian kepalanya ada sepasang tanduk yang ukurannya masing-masing 27 cm. Belum diketahui secara pasti, usia fosil ini.



Pameran fosil naga di China, sumber gambar:
http://img4.uploadhouse.com/fileuploads/5102/5102658b534d97874f93717f750df2736a9bfdd.jpg



NAGA DI CHINA

Dalam mitologi China, naga digambarkan sebagai bentuk ular raksasa yang punya empat kaki, dan tiap kakinya punya lima cakar. Bisa terbang, bisa pula berenang atau menyelam. Dengan badannya yang besar dan panjang, sang naga diyakini merupakan penguasa cuaca dan air (air terjun, sungai, dan lautan).

Dalam kebudayaan China, naga yang disebut LIONG melambangkan kekuasaan, kekuatan, dan keberuntungan. Oleh karena keyakinan ini, naga dipandang suci. Karena dipuja sebagai makluk suci itulah, sebuah iklan NIKE yang menampilkan pebasket Amerika, Le-Baron James, yang terngah membunuh seekor naga, kena cekal di China.

Naga menjadi lambang kebangsaan China.

Naga China dalam Lukisan, sumber gambar:
http://1.bp.blogspot.com/_Q7TRFP9_nn0/TGiUxZGZAgI/AAAAAAAAARM/SqeuQfb4uak/s1600/Flyin%27deDragon.jpg



ANEKA NAGA DI EROPA

Dalam Kitab Perjanjian Lama, setan menjelma menjadi ular yang mampu menipu Hawa dan Adam hingga berbuat dosa dan terusir dari Taman Firdaus. Di Eropa, naga umumnya digambarkan sebagai makluk jahat. Bentuknya seperti ular raksasa, yang umumnya berkepala lebih dari satu, punya kaki, bersayap, dan atau menyemburkan api.

Dalam mitologi Yunani Kuno, Hydra yang menjaga Danau Lerna berbentuk naga dengan sembilan kepala. Napasnya juga mengandung racun. Hydra hanya terkalahkan oleh Hercules.

Rakyat Rusia dan Ukraina mengenal naga bernama Zmey Gorynych. Dia berkepala tiga, punya dua kaki dan mulutnya menyemburkan api. Naga berbahaya ini berhasil dibunuh seorang ksatria bernama Dobrynya Nikitich.


NAGA DI INDONESIA

Di negeri kita, ada beberapa cerita tentang naga.

Dalam dunia pewayangan (yang diambil dari kisah Mahabharata yang asli India), ada seorang tokoh naga. Sang Hyang Antaboga namanya. Wujudnya naga degan mahkota di kepalanya. Dalam mitologi Bali, juga dikenal ular raksasa bernama Antaboga atau Anantaboga, yang berubah wujud menjadi seekor penyu bernama Bedawang.

Menurut cerita, Rawa Pening di Ambarawa terjadi karena banjir yang ditimbulkan oleh lidi yang ditancapkan Baru Klinting. Karena air rawa itu, luka-luka busuk di tubuh Baru Klinting sembuh, tetapi dikutuk menjadi naga yang menjaga Rawa Pening.

Selat Bali, antara Pulau Jawa dan Pulau Bali, terjadi karena pukulan tongkat Begawan Sidi Mantra agar putranya yang penjudi, Manik Angkeran, terus bertapa di Gunung Agung, bersama seekor naga yang arif bijaksana, Naga Besukih.


Wayang Antaboga, sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/_cePZVPU3Kro/TA16X64vLvI/AAAAAAAAADM/LObDiU1RgD0/s1600/nagafull2.jpg


NAMA NAGA DI BERBAGAI NEGARA

1. Indonesia    : Antaboga
2. China    : Liong
3. India    : Vyalee
4. Siberia    : Yilbegan
5. Jepang    : Ryu
6. Khmer    : Neak
7. Korea    : Yong dan Imoogi
8. Filipina    : Bakunawa
9. Vietnam    : Rong
10. Catalan    : Drac (Spanyol)
11. Italia    : Scultone
12. Jerman    : Lindworm
13. Inggris    : Wyvern
14. Wales    : Y Draig Goch
15. Celtic    : Bheithir
16. Hungaria    : Zomok dan Sarkany
17. Slavia    : Zmey, Zmiy, dan Zmaj
18. Rusia    : Zilant
19. Yunani    : Hydra
20. Amerika    : Amphitere
21. Brazil    : Boi-tata
22. Inca    : Amaru

Sumber:
ORI Aku Bisa, Halaman 28-29
Edisi Khusus

Artikel atau Gambar-Gambar yang ada dapat dikomentari, tag, dan di download:
ImageGambar
Kalender, Hari Libur, dan Hari Bersejarah
Hari Kasih Sayang
Saat Berinovasi
Film-> The Magic Gourd
Film-> Kisah Dua Ular
Film-> Kundun
Sejarah Imlek
Aneka Kisah Naga di Dunia
Asal Muasal Naga
Komodo Naga yang Tersisa!
Misteri Alien
Suiseki Asal Jepang
Akik Gambar Hantu Wewe Gombel
Akik Gambar Hantu Pocong
Toko ImageGambar
http://www.facebook.com/ImageGambar/
http://www.twitter.com/ImageGambar/
Back to Home