Sunday, February 6, 2011

Bokasan

Bokasan adalah pesta masyarakat di daerah Jawa Barat yang telah diadakan pada hari Rabu tanggal 2 Februari 2011 yang lalu.

Bokasan berdasarkan penanggalan Jawa jatuh pada tanggal 27 Legi 1944, pada penanggalan Arab jatuh pada 28 Shafar 1432 Hijriyah, dan pada penanggalan China jatuh pada tanggal 30 Cap Jie Gwee 2561.

Bokasan atau Rebokasan atau Hari Rabu terakhir di bulan Shafar, merupakan suatu tradisi dan kebiasaan di Jawa Barat khususnya suku Sunda, maka setiap tahunnya biasanya diadakan sedekahan untuk menolak bala atau penyakit.

Bokasan bisa disebut juga Shafaran, berdasarkan kepercayaan masyarakat mengandung arti berupa diturunkannya lebih dari 1.001 macam penyakit atau penderitaan lainnya atau bala.

Untuk menolak bala 1.001 penyakit tersebut, biasanya dengan mengadakan sebuah sedekahan makanan dengan membagikan ke kerabat-kerabat atau orang-orang terdekat, berupa ketupat sayur, opor ayam, dan atau roti. Setelah itu dilanjutkan dengan hadiahan atau membaca ayat-ayat suci dari Alquran.

Makanan khas Sunda ini rasanya epi (enak pisan euy). Ketupat sayur ditambah dengan opor ayam menambah kenikmatan dalam makan sekeluarga. Ketupat biasanya sembilan buah atau sepuluh buah dalam satu ikat. Opor Ayam dengan jumlah secukupnya diberikan ke keluarga kerabat. Makanan yang lain juga boleh ditambahkan, misalnya semur daging khas Banten yang rasanya epi, pedas, manis, dan bumbu semur yang wangi.

Setelah merayakan Bokasan ini, bagi yang masih keturunan China, biasanya melanjutkan dengan pesta barongsai pada malam harinya. Biasanya mereka bergadang hingga larut malam. Tepat pada hari Kamis, 3 Februari 2011, mereka merayakan Hari Raya Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 28 Pahing 1944 atau 29 Shafar 1432 Hijriyah atau pada penanggalan China jatuh pada tanggal 1 Cia Gwee 2562.

Berdasarkan kalender China, maka Tahun ini jatuh pada Shio Kelinci Logam dan selain merayakannya mereka juga mengirim SMS berupa kata-kata sebagai berikut:
    Wo cu ni
    Gong Xi Fa Chai
    Xi Nien Cin Pu
    Shen Thi Cien Khang,
    Khuai-khuai le-le.
atau
    Happy Chinese New Year
    Semoga Banyak Berkah &
    Tambah Beruntung di
    Tahun Kelinci ini!!!
    The Year of Rabbit
    Pf: 1 Cia Gwee 2562
        3 Februari 2011


Setelah sedekahan dengan membagi-bagikan makanan, merayakan Imlek dengan membagi-bagikan Angpao, dan hal lain yang juga menjadi perhatian masyarakat baik orangtua, dan anak-anaknya adalah pesta untuk akhir kenaikkan kelas atau kelulusan sekolah. Pesta ini biasanya disebut Samenan.

Peserta Samenan ini biasanya dihadiri meriahkan oleh semua masyarakat, guru-guru, kepala sekolah, orangtua, murid-murid, aparat desa, kepala desa, bahkan pak camat. Berbagai bazar atau dagangan masyarakat berupa toge goreng dengan ketupat, ketupat sayur, opor, dan sebagainya. Acara panggung juga tidak ketinggalan untuk memeriahkan pesta ini.

Memang banyak hal untuk kemeriahan dan mengisi gaya hidup suatu masyarakat. Mereka merayakannya pun dengan silahturami yang tinggi, disertai dengan norma-norma kesopanan, saling membantu, berbagi, berbaur, dan tidak berpesta-pora. Semua kalangan menjadi senang, baik yang miskin, yang kaya atau pun orang kota pun diundang untuk acara ini secara lisan oleh tokoh masyarakat untuk hadir.

Harapan mereka tidak lebih dari sebuah kesejahteraan, kelanggengan, silahturahmi yang erat, keselamatan, jauh dari mara bahaya, ancaman penyakit, keberuntungan dan mendapatkan uang untuk hidup sehari-hari. Pesta atau sedekahan yang sederhana bukan pesta pora untuk mendatangkan kekayaan semata. Melalui keringat bercucuran  setiap hari, berfikir positif, dan berdoa sambil berharap dari Allah Yang Maha Adil, Kuasa, dan Penolong untuk melindungi, mengayomi, memberkahi, dan memberikan kesehatan senantiasa. Amin.

Sumber Gambar Ketupat Sayur:
http://soetarmibkl.blogspot.com/
http://image05.webshots.com/5/2/82/41/68728241SbAmGV_ph.jpg

Sumber Gambar Opor Ayam:
http://sakuragirlz.student.umm.ac.id/2010/06/24/resep-masakan-dan-kue/
http://sakuragirlz.student.umm.ac.id/files/2010/06/ayam11.jpg


Artikel atau Gambar-Gambar yang ada dapat dikomentari, tag, dan di download:
ImageGambar
Kalender, Hari Libur, dan Hari Bersejarah
Hari Kasih Sayang
Saat Berinovasi
Film-> Mendadak Dangdut
Film-> Koleksi Komedi Indonesia
Film-> Signs of The Last Day
Sejarah Imlek
Aneka Kisah Naga di Dunia
Asal Muasal Naga
Komodo Naga yang Tersisa!
Ahli Patah Tulang dari Cimande
Misteri Alien
Wilayah Australia Utara
Suiseki Asal Jepang
Akik Gambar Hantu Wewe Gombel
Akik Gambar Hantu Pocong
http://imagegambar.blogspot.com/
http://www.twitter.com/ImageGambar/