Thursday, February 17, 2011

Komodo, Naga Yang Tersisa

Meskipun banyak yang menganggap naga sebagai mitos belaka, di dunia fauna lho bianatang yang disebut sebagai 'naga'! Ya, komodo (Varanus Komodoensis) adalah naga purba yang masih eksis samapi sekarang. Nama lengkapnya Biawak Komodo (Komodo Dragon), hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Yuk, kita mengenal naga yang tak bisa terbang dan menyemburkan api ini!

1. Biawak komodo merupakan kadal terbesar di dunia. Berat rata-ratanya sekitar 70 kilogram. Bahkan bisa mencapai 166 kilogram kalau makanan di dalam tubuhnya belum tercerna. Ukuran komodo dewasa bisa mencapai 3 meter. Itu artinya jika komodo 'berdiri' di atas kedua kakinya, setara dua kali ukuran anak-anak usia sekolah dasar.

2. Komodo tak memiliki indera pendengaran, meski memiliki lubang telinga.  Kadal raksasa ini mampu melihat sejauh 300 meter, namun tak begitu baik melihat di kegelapan malam. Untk mendeteksi mangsa, komodo mengandalkan lidah dan organ Vomeranasal (pada orang dewasa, letaknya di antara mulut dan hidung). Dengan bantuan angin dan kebiasaan menelengkan kepala kiri dan ke kanan saat berjalan, komodo dapat mendeteksi keberadaan daging bangkai sejauh 4-9.5 Kilometer.

3. Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata. Komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun, dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih berwarna. Biasanya terlihat kekuningan, kehijauan, dan putih, dengan latar belakang hitam.

4. Komodo paling suka berjemur. Komodo dapat berlari cepat sampai 20 kilometer per jam, pandai berenang dan menyelam, serta cekatan memanjat pohon.

5. Komodo adalah reptil pemakan daging. Mereka makan daging bangkai, tapi tak jarang berburu binatang yang masih hidup. Mangsa mereka, antara lain serangga, cacing, reptil lain, burung dan telurnya, monyet, kambilng, rusa, kuda, dan kerbau. Komodo menelan makanannya bulat-bulat, tidak dikunyah. Kalau ukurannya terlalu besar, si biawak raksasa ini harus menekan bangkai makanannya itu ke sebatang pohon. Lucunya, usaha komodo menekan-nekan daging itu seringkali membuat pohonya rebah atau malah roboh.

Sumber:
ORI Aku Bisa, Halaman 22-23
Edisi Khusus

Sumber Gambar:
http://palabradevida.files.wordpress.com/2010/05/dragon-komodo-komodo-indonesia.jpg

Artikel atau Gambar-Gambar yang ada dapat dikomentari, tag, dan di download:
ImageGambar
Kalender, Hari Libur, dan Hari Bersejarah
Hari Kasih Sayang
Saat Berinovasi
Film-> Scourge
Film-> Kisah Dua Ular
Film-> Signs of The Last Day
Sejarah Imlek
Aneka Kisah Naga di Dunia
Asal Muasal Naga
Komodo Naga yang Tersisa!

Misteri Alien

http://imagegambar.blogspot.com/
http://www.twitter.com/ImageGambar/

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.