Tuesday, February 15, 2011

Misteri Alien

Hampir di semua negara pernah disinggahi oleh Pesawat Alien, dan salah satu buktinya meninggalkan jejak pesawat yang sering disebut sebagai Crop Circle. Misteri mengenai jejak ini pun sering terbantahkan karena biasanya jejak ini adalah buatan penduduk disekitar pertanian atau perternakan. Biasanya jejak ini mengandung radioaktif dan sisa abu pembakaran, tetapi pada kenyataannya menggunakan pola dan alat sebuah jangkar. Memang kreatif sekali penduduk dipertanian atau perternakan tersebut.

Alien yang misterius dan antariksa dengan langit yang luas sekali. Fenomena ini seakan tidak ada batasnya. Jumlah benda-benda langit, planet-planet, dan bintang-bintang yang berjumlah milyaran. Mungkinkah di antara planet-planet tersebut dihuni oleh makhluk hidup yang disebut alien?

Selain keberadaan alien, crop circle, dan bahkan ada yang mengaku pernah diculik oleh alien. Yang memiliki foto-foto pesawat alien, dan foto makhluk alien pun juga ada. Hingga akhirnya banyak negara membuat film bertema alien, misalnya ET, Star Wars, Monster vs Alien, AVR: Alien vs Riddick, dan lain-lain.

Apakah tempat tinggal, pesawat, crop circle, dan makhluk alien bisa dibuktikan ada? Ya, para astronom dan para ahli percaya, suatu saat penghuni bumi akan berhubungan atau kontak dengan alien.

Mereka menduga pada tahun 2025, kontak dengan alien akan terjadi. Walaupun jarak Planet Kehidupan di luar Planet Bumi sangat... sangat... sangat jauh. Percaya atau tidak, bahwa alien telah mengunjungi Planet Bumi pada masa lalu ataupun masa sekarang dan yang akan datang.


SIAPAKAH ALIEN

Para ahli telah membagi makhluk hidup di alam semesta menjadi empat kelompok, yaitu:
1. Makhluk hidup bersel satu
2. Makhluk hidup bersel banyak
3. Makhluk hidup kompleks
4. Makhluk hidup cerdas
Makhluk hidup cerdas inilah yang disebut hingga sekarang sebagai alien.



Makluk hidup bersel satu
adalah bakteri

Makluk hidup bersel satu
adalah amuba


Ubur-ubur adalah makhluk
hidup bersel banyak


Makhluk hidup kompleks
mempunyai sel banyak dan
alat tubuh yang rumit.
Mereka memiliki kulit,
mata, kaki, dan tangan
yang unik. Contoh: buaya,
dinosaurus, dsb.


Manusia adalah contoh
makhluk hidup cerdas.
Ciri makhluk hidup cerdas
mempunyai volume otak
yang besar. Tubuhnya juga
dilengkapi tangan dan kaki
untuk melakukan berbagai
kegiatan.


PLANET KEHIDUPAN

Tidak semua planet yang mengeliling sebuah bintang dapat dihuni makhluk hidup. Makhluk hidup hanya dapat tinggal di planet yang memiliki air berbentuk cair. Planet yang memiliki air cair disebut Habitable Zone atau Planet Kehidupan.

Sebuah Planet Kehidupan juga tidak serta merta dapat dihuni oleh makhluk hidup. Sejarah Planet Bumi menunjukkan, awalnya Planet Bumi tidak dapat dihuni oleh makhluk hidup. Bumi pada masa awal penuh letusan dan sangat panas. Makhluk hidup baru ada setelah Bumi mendingin dan punya air.

Planet Bumi baru bisa dihuni makhluk hidup setelah berumur 1,1 milyar tahun. Itupun berupa makhluk hidup bersel satu, yaitu bakteri dan amuba.

Makhluk bersel banyak muncul 2,5 milyar tahun setelah bakteri muncul. Waktu itu ubur-ubur menghuni Planet Bumi. Lama-lama makhluk hidup berkembang jadi rumit atau kompleks. Makhluk hidup kompleks mempunyai tangan, kaki, kulit, mata, dan otak. Misalnya, dinosaurus dan buaya yang muncul 150 juta tahun setelah makhluk bersel banyak.

Namun, dinosaurus dan buaya belum cerdas. Makhluk hidup yang cerdas baru muncul 350 tahun setelah makhluk hidup kompleks. Manusia adalah contoh makhluk hidup cerdas.

Sepertinya makhluk hidup mengalami perubahan dari sederhana menjadi cerdas. Proses perubahan makhluk hidup terjadi pelan-pelan. Istilahnya, makhluk hidup mengalami evolusi. Jadi ilmuwan berpendapat, makhluk hidup sederhana mungkin mudah ditemukan di planet lain. Namun, makhluk hidup cerdas mungkin hanya sedikit di temukan di planet lain.


BINTANG-BINTANG ALIEN

Bintang berkelap-kelip di langit malam. Bintang mana yang memiliki planet untuk dihuni alien.

Seperti diketahui bahwa Planet Bumi berada di Galaxy Milky Way. Galaksi Milky Way dikenal juga sebagai Galaxy Bima Sakti. Galaxy ini adalah kumpulan bintang, planet, dan awan gas. Astronom mengatakan ada 300 milyar bintang di Galaxy Milky Way. Namun, tidak semua bintang di Galaxy Milky way dihuni oleh alien. Artinya planet itu dhuni makhluk hidup cerdas yang mampu berkomunikasi di Galaxy Milky Way.

Rupanya alien hanya ada di tata bintang tertentu. Itulah tata bintang yang menghasilkan energi yang berguna bagi kehidupan. Artinya, bintang itu mempunyai energi panas seperti bintang di tata surya kita, yaitu Matahari.
Bintang seperti Matahari mempunyai planet mirip Bumi, yaitu planet yang mempunyai air dalam bentuk cair. Planet istimewa ini disebut Planet Kehidupan (Habitable Zone).

Saudara Kembar Matahari yang sedang diteliti oleh para astronom adalah rasi bintang Scorpio dan Libra. Oleh sebab itu berharaplah jika kita menatap rasi bintang Scorpio, Libra, Capricornus, atau Sagitarius dilangit malam akan ada makhluk hidup cerdas atau alien disana.

Rasi bintang Scorpio bisa dilihat pada pukul 20.00 Wib, pada tanggal 15 Juli, menghadaplah ke arah Selatan. Mendongak ke langit setinggi 45 derajat. Ada kumpulan bitang mirip kalajengking. Di sebelah kanan rasi bintang Scorpio terdapat rasi bintang Libra.


MISI ANTARIKSA UNTUK ALIEN

Manusia bumi telah mengirimkan surat khusus untuk alien. Surat khusus itu dikirim lewat pos antariksa bernama Voyager.

Pada tahun 1977 ilmuwan mengirimkan dua pesawat antariksa kembar. Nama pesawat itu Voyager. Voyager bertugas memotret planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Namun, ilmuwan iseng-iseng menaruh paket untuk alien. Paket ini dengan tujuan serius, karena dipersiapkan untuk alien dan tidak sembarangan.

Paket alien yang dibawa Voyager berupa cakram emas (CD). Cakram itu berisi rekaman suara-suara Bumi, seperti aneka bahasa dan aneka musik di Planet Bumi. Musik gamelan juga direkam dalam cakram itu. Bahkan, cakram itu juga ditandatangani oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ilmuwan berharap pesawat Voyager berhasil mencapai batas tata surya setelah memotret Planet Jupiter dan Saturnus. Ternyata Voyager berhasil! Kini Voyager sampai di batas tata surya. Sayangnya, jarak antara Voyager dengan Bumi semakin jauh. Sehingga, butuh waktu yang sangat lama untuk mengirimkan pesan ke Planet Bumi. Itu pun dengan sinyal yang sangat lemah. Namun, Voyager tetap meluncur menuju ruang antar bintang. Berharap Voyager ditemukan alien dan menerima paket pos dari Voyager, kemudian dapat menghubungi Bumi.

Misi antariksa Voyager sangat mahal. Voyager adalah robot pesawat tanpa awak manusia. Untuk mencapai jarak antar tata bintang, Voyager dilengkapi peralatan canggih dengan menggunakan Pembangkit Termoelektrik Radioisotop. Dengan bahan bakar khusus ini, pesawat tersebut tidak perlu membawa bahan bakar dalam jumlah yang sangat banya. Cukup hanya beberapa puluh kilogram saja.


TENAGA BESAR UNTUK ALIEN

Untuk mendengarkan suara alien, astronom telah membuat telinga yang luar biasa besar. Telinga istimewa berbentuk bulat seperti piring yang mengadah ke atas, samping kiri atau kanan. Garis tengahnya bisa mencapai 300 meter. Telinga besar itu bernama teleskop radio. Teleskop Radio dipakai untuk menangkap sinyal gelombang radio atau "suara" dari bintang, planet, dan awan-awan gas di antariksa.

Gelombang radio ini dipergunakan untuk mengetahui keberadaan alien. Ilmuwan berpikir, jika manusia Bumi mengenal radio, mungkin ada alien yang juga mengenal teknologi radio. Mungkin alien juga memakai gelombang radio untuk berkomunikasi seperti kita di Bumi?

Bagaimana cara memakai gelombang radio untuk komunikasi ke alien? Caranya, teleskop radio diarahkan ke bintang-bintang untuk mendengarkan suara alien. Jumlah bintang yang didengar teleskop radio mencapai sejuta bintang! Wah, apa enggak capek teleskop radionya, ya?


SETI SI PENCARI ALIEN

Ada sebuah lembaga penelitian yang aktif mencari suara alien dengan teleskop radio. Lembaga itu bernama SETI Institute. SETI adalah singkatan dari Search for Extraterrestrial Intelligence. Sampai saat ini penelitian SETI belum berhasil menemukan sinyal atau suara alien di antariksa.

Pada tahung 1977 ada seorang astronom yang menemukan sinyal gelombang radio yang aneh. Sampai-sampai astronom itu memberi catatan "WOW". Sinyal itu pun dikenal sebagai sinyal WOW.

Sayangnya, sinyal WOW tidak muncul lagi, ketika ilmuwan mengarahkan lagi teleskop radio ke arah yang sama di langit.

Kini ilmuwan SETI Institue mendapat kesempatan memakai teleskop radio selama 24 jam setiap harinya. Bahkan, telestkop radio yang dipakai sangat besar dan jumlahnya banyak sekali. Nama kompleks teleskop radio itu adalah Alien Telescope Array. Jumlah teleskop radio di sana mencapai 350 buah. Arti para ilmuwan memiliki telinga yang luar biasa besar untuk mendengarkan suara alien dan menangkap sinyal radio dari sejuta bintang "tetangga" Matahari!

Observatorium Bosscha di Indonesia mempunyai teleskop radio sejak Nopember 2008. Teleskop radio di Bosscha dalah teleskop radio pertama di Indonesia. Teleskop radio di Bosscha dipakai untuk meneliti planet, bintang, dan galaksi.


STASIUN RADIO ALIEN

Hingga saat ini para astronom belum menemukan suara alien atau alien yang menyiarkan lagu-lagu. Astronom memakai Teleskop Radio untuk mendengarkan gelombang radio pada saluran FM dan AM. Misalnya, dengan menyetel radio pada frekuensi 89,1 MHz (Megaherz) untuk menangkap sinyal gelombang radio dari stasiun radio kesayanganmu. Nah, khusus untuk mendengar suara alien, para astronom memasang teleskop radio pada saluran antara 1 GHz (GigaHerz) dan 10 GHz.

Ada banyak suara bising yang terdengar dengan frekuensi itu. Suara itu berasal dari gas-gas di ruang antar bintang. Misalnya, gas hidrogen netral dan hidroksil (gas hidrogen dan hidroksil bila bersatu membentuk air) memancarkan gelombang radio di saluran 1,42 GHz hingga 1,64 GHz. Saluran pada rentang frekuensi ini disebut Lubang Air. Menurut para Astronom, saluran ini cukup jernih karena relatif bebas dari gangguan bising. jadi, ilmuwan mencoba menangkap tanda komunikasi dari aliean di saluran Lubang Air ini.

Ilmuwan berharap alien mengirimkan sinyal radio khusus. Katanya, alien tipe maju pasti punya ide mengirim sinyal radio seperti manusia Bumi. Dan, jika alien itu menguasai ilmu pengetahuan alam, maka alien juga akan memilih saluran radio. Siap-siap saja menangkap suara alien lewat teleskop radio...


MISTERI WAJAH ALIEN

Seperti apa wajah alien? Kata ilmuwan, alien itu seperti...
YANG CANTIK
YANG SERAM

Di jaman kuno. legenda penghuni bintang kebanyakan berwajah cantik. Peri Bulan, peri Bintang dan sebagainya di cerita rakyat adalah wanita yang cantik.

Sebaliknya, di cerita modern, alien digambarkan dengan wajah seram, dan mengerikan.

Alien punya kepala seperti buah pir. Tidak berambut alias gundul. Berkulit hijau atau abu-abu pucat dengan mata sangat besar.

Alien juga sangat pintar, naik pesawat antariksa yang super canggih. Bahkan, katanya, alien suka menculik manusia untuk eksperimen. Hiii, apa sosok alien seperti itu?


EMPAT DUGAAN ALIEN

Ilmuwan berpendapat tentang wujud alien yang dibuat berdasarkan sains, bahwa alien itu:
1. Lebih besar daripada seekor tikus
2. Lebih besar daripada seekor kucing
3. Mempunyai dua mata
4. Punya Lengan

Makhluk hidup cerdas pasti punya otak lebih besar daripada seekor tikus. Seekor tikus tidak dapat membuat teleskop, bukan?

Lebih besar daripada kucing tetapi lebih kecil dari gajah. Alien sulit berjalan jika punya badan sebesar gajah.

Makhluk hidup punya mata karena tinggal di planet yang memiliki bintang. Bintang memancarkan cahaya. Cahaya itu dipakai untuk melihat. Makhluk hidup cerdas di Bumi punya mata untuk melihat. Dua buah mata lebih mudah untuk melihat daripada satu mata. Namun, kebanyakan mata menyulitkan makhluk hidup. Jika alien punya 10 mata, otak alien kesulitan memahami apa yang dilihat mata. Artinya, jika punya 10 buah mata berarti otak alien harus sangat-sangat besar.

Memiliki lengan, alien pasti punya lengan. Karena makhluk cerdas menciptakan benda.


Berbagai fenomena dan aktivitas dari Planet Bumi yang menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan alien. Komunikasi dan kontak ini diduga oleh para astronom akan terjadi pada tahun 2025. Padahal yang terpenting adalah komunikasi antar manusia di Bumi agar tercipta kedamaian, ketentraman, kesejahteraan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, kebaikan, dan hal-hal yang memiliki nilai luhur. Manusia pemimpin di suatu bangsa dapat mengatur, melindungi, memakmurkan, mententramkan dan memerhatikan rakyatnya dengan komumikasi sederhana dan teknologi yang telah tersedia.

Komunikasi itu diperlukan agar manusia dapat mengerti manusia yang lain, sehingga terciptalah hubungan yang spesial, erat, dan tanpa pamrih untuk membela bangsa dan negara. Sebagai makhluk hidup yang cerdas dan mulia di Planet Bumi ini, haruslah membuka hati untuk berkomunikasi dengan makhluk hidup cerdas lainnya agar tidak terjadi BOM WAKTU kesengsaraan dan bahkan menghancurkan Planet Bumi yang telah memberi kehidupan pada kita semua. Save our Planet!!!

Oleh:
Dr. Taufiq Hidayat, Konsultan Ahli Observatarium Bosscha, Lembang
Judhistira Aria Utama, M.Si., Jurusan Pendidikan MIPA, UPI Bandung

Sumber:
Majalah Kreatif, No.6/2009


Sumber Gambar:

Alien29.jpg->http://www.blizkasetkani.wz.cz/alien29.jpg
http://bi.gazeta.pl/im/7/5830/z5830557X.jpg

Bakteri->http://julioeiffeltr.files.wordpress.com/2010/04/bacteria.jpg


Amuba->http://1.bp.blogspot.com/_XF6pEH7h1Pc/TThMu2MF4LI/AAAAAAAABIU/Y25LHJqfNfs/s1600/simonacan3.jpg

Ubur-ubur->http://www.otaifi.com/vb/imgcache/34108.imgcache.bmp

Tyrex.jpg->http://www.celebritywonder.com/mp/2007_Meet_the_Robinsons/2007_meet_the_robinsons_012.jpg

Evolusi->http://stat.kompasiana.com/files/2010/10/evolusi.jpg

smallmonkey4.jpg->http://blog.fooyoh.com/_data/play7/images/20070813/smallmonkey4.jpg

Cumi-Cumi->http://images.tribe.net/tribe/upload/photo/4c7/e23/4c7e2349-ab25-4419-b413-759d04f397ed

Kecelakaan->http://nukha4ever.files.wordpress.com/2010/05/kec1.jpg

Bumi->http://sakurakun.blog.so-net.ne.jp/_images/blog/_647/sakurakun/62339054_c45fbc1ed9_o.jpg

Jagalah Bumi->http://harisahmad.files.wordpress.com/2009/04/jagalah-bumi.jpg


Bumi_Bom->http://nd03.jxs.cz/232/099/372f3c3545_56291654_o2.jpg

http://www.goodtech.biz/images/earth-big-green-on-white.jpg

http://www.nikolasschiller.com/design/images/greenparty_earth-large.jpg

http://www.schrittauftritt.ch/uploads/tx_cabagsteps/green-earth2-1.jpg


http://4.bp.blogspot.com/_c7UqEKcIHWQ/SwiMddToUSI/AAAAAAAAABg/tdWHPn_Tt6E/s1600/mayanmeteor.jpg

http://felipekoller.files.wordpress.com/2011/01/flatearth.jpg?w=470&h=356

http://3ntih.files.wordpress.com/2010/04/pluto.jpg

http://4.bp.blogspot.com/__CWFU77ZclM/TMwvUDIk5aI/AAAAAAAAADg/gPaQSONajgE/s1600/go-green-save-the-planet.jpg

http://www.wwu.edu/depts/skywise/solar/solar2.jpg

http://hyunjaeiskai.files.wordpress.com/2010/12/zodiak_band.jpg?w=500&h=436

bimasakti->http://www.biopsychology.org/biopsicologia/curiosidades/nuestro_lugar/imagenes/9925ab.jpg

planetEspa├žo->http://4.bp.blogspot.com/_jxYp9de4CCM/Srf4gKEWYQI/AAAAAAAAAAc/_fFufQoitGY/S1600-R/Espa%C3%A7o.jpg

scorpio01->http://ny-image0.etsy.com/il_fullxfull.97960672.jpg

Crop Circle
http://www.portalterraluz.com/fotos/1066750390.jpg

http://www.marketing-reklam-media.hu/_user/browser/Image/marketing/ufo.jpg

Alien
http://podcast.seti.org/images/UFO%20Museum%20Roswell_7.jpg

Film Vin Diesel:
http://www.facebook.com/home.php#!/photo.php?fbid=10150163934063313set=a.101465923312.101581.89562268312&comments

Telinga dibuat menjadi lancip atau caping:
http://nativebodypainting2011.blogspot.com/2010_11_01_archive.html


Artikel atau Gambar-Gambar yang ada dapat dikomentari, tag, dan di download:
ImageGambar
Kalender, Hari Libur, dan Hari Bersejarah
Hari Kasih Sayang
Saat Berinovasi
Film-> Scourge
Film-> The Secret of Moonacre
Film-> Signs of The Last Day
Sejarah Imlek
Aneka Kisah Naga di Dunia
Asal Muasal Naga
Komodo Naga yang Tersisa!
Misteri Alien
Suiseki Asal Jepang
Akik Gambar Hantu Wewe Gombel
Akik Gambar Hantu Pocong
Toko ImageGambar
http://www.facebook.com/ImageGambar/
http://www.twitter.com/ImageGambar/
Back to Home

Powerby:
Hosting dan Domain Termurah

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.