Wednesday, March 30, 2011

Atasi Sindrom "I don't Like Monday"

Akhir Minggu adalah waktu yang tepat untuk me-recharge tenaga dan menurunkan stress. Tak heran, Senin menjadi hari yang berat karena harus memulai kembali pekerjaan kantor. Akibatnya, muncul istilah "I don't like Monday" lantaran belum puas liburan dan hilang kepenatan.

Coba lakukan trik-trik berikut untuk menghilangkan istilah I don't like Monday.


OPTIMALKAN WEEKEND ANDA

Menikmati weekend yang menyenangkan akan membuat Anda lebih segar di hari Senin. Meski Anda cukup menikmati weekend pada Sabtu-Minggu, pastikan Anda cukup istirahat. Hindari terlalu lelah saat liburan. Beri kesempatan tubuh untuk recharge energi Anda. Selama weekend, usahakan agar Anda jangan memikirkan pekerjaan.


RENCANAKAN PEKERJAAN

Biasanya, karena masih suasana weekend, Anda sampai tidak tahu apa yang arhus dikerjakan ketika tiba di kantor pada hari Senin pagi. Hal ini bisa dihindari dengan cara merencanakan kerja sebelum liburan akhir pekan. Catatlah kegiatan apa saja yang Anda lakukan dalam agenda. Jangan telalu ambisius, dahulukan pekerjaan yang mudah, sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana. Karena salah satu sebab yang membuat sindrom itu muncul adalah "sambutan" tugas berat di hari Senin. Cobalah untuk menghindari mengadakan rapat koordinasi dan rapat kerja di hari Senin-karena efek weekend leg otak Anda seringkali seret mengeluarkan ide-ide segar. Lebih baik Anda mengatur rapat pada hari Selasa atau Rabu.


BANGUN LEBIH PAGI

Memungkinkan Anda melakukan aktivitas yang memompa semangat, berolahraga ringan seperti jogging 15 menit sebelum mandi atau dandan secantik atau secakep mungkin. Kalau Anda tampil good looking akan memunculkan percaya diri Anda untuk kembali berinteraksi dengan rekan kerja Anda. Karena kalau Anda telat bangun, semuanya jadi serba terburu-buru dan bisa membuat Anda mudah lupa sesuatu. Akibatnya, mood Anda jadi buruk seharian.


AWALI DENGAN OLAHRAGA

Entah itu dengan melompat-lompat di ruang keluarga, atau jogging selama 30 menit, berolahraga adalah salah satu cara ampuh atasi rasa malas di hari Senin. Studi menunjukkan bahwa berolahraga bisa membantu produksi serotonin, salah satu zat kimia di otak yang melawan depresi. Tambahan olahraga kardio selama 30 menit yang cukup untuk membuka pori-pori sehingga kulita terlihat lebih bersinar.


SARAPAN SEHAT

Mengkonsumsi makanan tak sehat seperti donat atau tidak sarapan sama sekali bisa membuat mood berantakan dan lemas. Makanan bernutrisi, seperti omelet, oatmeal, dengan kismis atau smoothie yang diperkaya protein bisa membantu Anda berenergi sepanjang hari.


TAMPIL BEDA

Sudah pada kodratnya manusai tercipta untuk menyukai barang-barang baru. Parfum dan sepatu kerja baru pasti bikin Anda lebih bersemangat kerja. Tidak perlu heboh, namun pikirkanlah hal-hal yang sederhana saja, misalnya memamerkan stocking atau cat kuku yang baru ke kantor. Sebenarnya tidak perlu selalu dengan barang yang baru, Anda bisa juga memadupadankan baju agar penampilan Anda lebih keren. Pilihlah warna-warna cerah yang konon mampu membuat suasana hati ikut ceria.


CIPTAKAN MOTIVASI DIRI

Buat motivasi diri Anda sendiri, misalnya setelah hari Senin berakhir, Anda merencanakan hang-out bersama pacara, nomat (nonton hemat) atau clubbing bersama teman-teman kantor. Atau cari seseorang rekan kerja yang cantik yang Anda merasa nyaman ngobrol dengannya di kantor Anda sebagai penyemangat berangkat kerja ke kantor.


NAIK TANGGA

Mencoba naik tangga dan melewatkan elevator bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Naik tangga adalah pendorong tenaga yang alami, dan bisa memberi Anda stamina lebih dalam sehari. Bahkan menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh European Heart Journal, di tahun 2008, setelah memonitor 69 karyawan rumah sakit yang setiap hari selama 12 hari naik tangga di pagi hari, didapati bahwa kapasitas paru-paru mereka meningkat 8.6 persen, lemak tubuh berkurang 1.7 persen, lingkar pinggang berkurang 1.8 persen, tekanan diastolik darak berkurang 2.3 persen, dan kolesterol buruk membaik 3.9 persen.


BERJALAN KAKI

Taklukan rasa bosan di sore hari dengan berjalan kaki selama 10 menit di luar. Riset membuktikan bahwa perempuan yang berjalan kaki selama 10 menit setiap hari mendapatkan tambahan energi sebanyak 18 persen. Studi lain mendapati, dengan menghabiskan 5 menit berjalan kaki di dekat alam akan meningkatkan mood baik untuk perempuan maupun laki-laki.


MINUM AIR PUTIH

Air putih mineral amat disarankan ketimban minum minuman berenergi. Beberapa waktu lalu, Situs Consumerlabs.com melansir hasil analisanya terhadap minuman berenergi kenamaan. Hasilnya mengatakan bahwa minuman berenergi kebanyakan mengandung kafein dalam jumlah yang cukup berbahaya. Studi lain bahkan mengatakan bahwa minuman semacam itu justru bisa membuat darah tinggi atau kencing batu atau kanker prostat dan sebagainya. (Nani/dbs)


SUMBER:
Tabloid Genie, Halaman 54
Tips, Edisi 32, Tahun VII
28 Februari - 6 Maret 2011
Bagian Iklan (021)319.27943 Monalisa, Agus W, Anita M., Ahmad R.
Berlangganan (021)319.8610  Dody, Gita A.
http://www.mniglobal.com/

Artikel Lainnya:
ImageGambar
Asesoris Jari
Rambun Skin (Ahmad Dani Hair Style)
Hiduplah Sesuai Dengan Kemampuan
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Atasi Sindrom "I don't like Monday!"
Fenomena Seks Bebas
Mengapa Harus Bunuh Diri???
Ojo Nesu-Nesu!!!
Yang Panik, Cantik, Kocak, Unik, Ciamik, dan Menarik
Kalender, Hari Libur, dan Hari Bersejarah
Hari Kasih Sayang
http://imagegambar.blogspot.com/
http://www.twitter.com/ImageGambar/

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.