Thursday, March 31, 2011

Body Painting

Lukisan Tubuh

Seni tubuh telah ada selama berabad-abad, dan hanya mendapatkan popularitas. Dengan kemajuan teknologi, metode penerapan seni tubuh telah beradaptasi dan perubahan juga.  Pada awalnya konsep melukis tubuh dikenal oleh masyarakat dunia dengan sebutan TATO atau TATOO (dalam bahasa Inggris). Macam-macam perkembangannya, hingga sekarang lebih dikenal dengan Lukisan Tubuh atau BODY PAINTING (dalam bahasa Inggris).

Biasanya setiap orang yang pergi ke tempat kecantikan atau salon adalah untuk di MAKE-UP (didandani) agar terlihat lebih cantik dan menawan. Biasanya perawatan tubuh, jerawat, rambut, dan bahkan kuku-kuku. Atau bisa saja seseorang pergi ke tempat pembuatan tato (TATTOO-PIERCING) untuk melengkapi asesoris pada tubuhnya.

Untuk pembuatan tato ada berbagai macam cara, misalnya menggunakan alat tato (Rotary work tattoo machine) yang menyebabkan rasa sakit, berdarah dan apabila sudah kering akan menjadi gambar yang tidak bisa dihapus sekalipun di strika. Ada juga yang ingin instan, maka dipergunakanlah tato temporary atau tato sementara.

Tato biasanya berupa gambar yang disukai oleh seseorang, seperti bunga, naga, macan, Yakuza, ular, tulisan Kanji atau Mandarin, tulisan latin, hati, cupid, malaikat, dan sebagainya. Ada yang hitam saja, biru, merah, warna warni, dan berpendar (glow in the dark).

Bagaimana untuk tato seluruh tubuh dalam sekejab mata?
Jawabannya mustahil! Karena bisa panjang urusannya dan bahkan bisa masuk rumah sakit bahkan kematian. Hal ini disebabkan seluruh tubuh menjadi sakit dan kulit akan mengeluarkan banyak darah dari Muka, pundak, dada, punggung, tangan, hingga ke kaki dibuat tato dengan mata bor berupa jarum.

Kemudian mulailah dikenalkan dengan body painting, yang cara pengerjaannya mudah, cepat, dan beresiko kecil pada tubuh manusia. Tubuh sebagai kanvas untuk gambar yang akan dilukis. Biasanya dalam keadaan telanjang bulat atau masih mengenakan pakaian dalam ketat (strips) atau hanya bikini strips.

Pengunaan kuas dan cat, membuat tubuh dilukis tidak terlalu rata, gradasi warna tidak sempurna, penyamaran ke kulit pun agak terganggu dan waktu pengerjaan yang cukup lama. Tubuh yang dipergunakan pun akan kelelahan, jika waktu yang lama sekali untuk pengecatan seluruh tubuh.

Kemudian berkembanglah BODY AIRBRUSHING. Teknik ini bisa mewarnai seluruh tubuh dengan cepat, warna yang merata, dan tubuh yang dipergunakan pun tidak terlalu kelelahan. Dengan menggunakan MAKE UP AIRBRUSH, maka teknik dan tata rias serta pewarnaan dan penataannya menjadi lebih indah, rata, gradiasi, dan lebih profesional.

Ada pro dan kontra baik airbrush atau kuas tradisional atau seni tubuh lainnya seperti tato. Jelas, orang yang lebih terampil menggunakan cat atau tinta, semakin baik hasil akhirnya akan menjadi, terlepas dari teknik aplikasi yang digunakan. Namun, hasil akhirnya akan memiliki tampilan yang khas yang berbeda untuk itu berdasarkan teknik yang digunakan.

Melukis dengan mengunakan Kuas atau airbrush adalah cara yang umum menerapkan cat wajah dan bentuk seni lain tubuh. Teknik ini memungkinkan seniman untuk membuat dari awal setiap desain baru. Seniman dapat menampung desain agar sesuai dengan wajah atau area yang dicat, dan dapat menggabungkan sedetail tingkat keterampilan dan alat memungkinkan. Biasanya ada presenden negatif terhadap pelukisan menggunakan kuasadalah bahwa sebenarnya kuas menyentuh kulit secara langsung, dan kemudian dicelupkan kembali ke dalam cat. Hal ini dapat menimbulkan masalah jika metode sanitasi yang layak tidak digunakan. Lukisan kuas biasanya membutuhkan jumlah yang layak waktu untuk menyelesaikan setiap desain juga.

Menggunakan airbrush ini menjadi semakin populer untuk makeup dan aplikasi seni tubuh. Sementara airbrush bisa menjadi alat yang berubah-ubah untuk menguasai penggunaannya, memberikan banyak keuntungan bagi seniman tubuh. Pertama, airbrush tidak pernah menyentuh kulit, sehingga jauh lebih sehat daripada aplikasi spons dan sikat. Kedua, dengan menggunakan stensil atau template, seniman airbrush tubuh dapat menghasilkan volume yang jauh lebih tinggi dari pelukis spons dan sikat. Akhirnya, airbrush memungkinkan untuk menyelesaikan berbagai jenis stroke yang berbeda, shading, dan baris tanpa perlu mengubah sikat atau alat.

Sumber:
PUSPITA MARTHA
International Beauty School
www.puspitamartha.ac.id

Sumber Gambar:
http://img.metro.co.uk/i/pix/2008/09/ramprakashPA_450x553.jpg


http://www.forumfantastik.net/forum/threads/175423-corpos-pintados

http://kamissore.blogspot.com/2009/05/cara-membuat-tattoo.html







Artikel Lainnya:

ImageGambar
Asesoris Jari
Rambun Skin (Ahmad Dani Hair Style)
Hiduplah Sesuai Dengan Kemampuan
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Atasi Sindrom "I don't like Monday!"
Fenomena Seks Bebas
Mengapa Harus Bunuh Diri???
Ojo Nesu-Nesu!!!
Suiseki Asal Jepang
Yang Panik, Cantik, Kocak, Unik, Ciamik, dan Menarik
Kalender, Hari Libur, dan Hari Bersejarah
Hari Kasih Sayang
http://imagegambar.blogspot.com/
http://www.twitter.com/ImageGambar/