Sunday, April 10, 2011

Kedamaian

Damai itu indah.
Begitu spanduk yang sering terpampang di depan markas besar TNI. Mengapa tidak? Apakah itu hanya tulisan saja tanpa makna?

Makna dari damai adalah tentram, aman, tidak bermusuhan, tidak berbahaya, bebas dari bahaya, tidak rusuh atau kacau atau berkemelut.

Makna dari indah adalah elok, bagus, baik, menyenangkan jika dipandang, molek, bagus sekali.

Jadi arti dari kedamaian adalah suatu keadaan yang tentram, tidak merasa berbahaya setiap saat karena banyak musuh, dan selalu merasa aman dalam melakukan kehidupan sehari-hari, berbangsa dan bernegara yang enak untuk dinikmati secara visual, verbal, dan motorik.

Kedamaian sering kali disimbolkan dengan mengacungkan kedua jari telunjuk dan tengah, sewaktu berfoto. Dengan berkata "PEACE" dalam bahasa Inggris yang berarti damai.

Selain dipadankan dengan INDAH, damai sering juga dipadankan dengan DAMAI SEJAHTERAH. Maknanya adalah suasana dan kondisi kehidupan yang aman, tentram, dan bisa menikmati kehidupan ini dengan rasa syukur kepada Tuhan serta berbagi kepada yang lain.

Lawan kata dari damai adalah perang atau memberontak atau rusuh.

Makna dari perang adalah permusuhan antara dua belah pihak yang memiliki keinginan tertentu, tabiat, watak, dan perlakukan yang berbeda. Sehingga bisa saja saling membasmi secara massal.

Makna dari memberontak adalah suatu perbuatan yang tidak menyenangkan dengan cara menentang secara bersama-sama.


Pemberontakan dengan senjata api dapat menyebabkan kudeta pemerintah yang terpilih atau bisa juga menyebabkan perang saudara. Tetapi perang tidak bisa menyebabkan kudeta ataupun pemberontakkan. Jadi awal dari segala sesuatu yang jahat adalah memberontak atas kekuasaan yang otoriter dan ditaktor yang dapat menyebabkan perang. Akibatnya kedamaian itu terluka dan banyak orang yang akan menderita.

Kedamaian terluka dan bisa saja kedamaian itu menjadi hancur lebur oleh karena tirani yang sangat kejam, pilih kasih, kekerasan, dan sebagainya.

Mengobati luka pada jari telunjuk dan jari tengah dengan mengunakan Betadine dan dibungkus dengan Hansaplast akan menutupi luka. Tetapi jika berfoto, maka rusaklah gambar yang diambil. Begitu juga dengan kedamaian yang luka, tetap saja menghasilkan derita yang tiada tara. Meskipun ditutup-tutupi dengan segala macam intrik atau selimut dari sutera berbahan emas. Luka dari kedamaian akan terasa hingga akhir hayat.

Banyak yang menghimbau agar tetap menjaga nasionalisme, kebebasan beragama, kebebasan berpendapat, menjadi pemimpin yang takut akan Tuhan, pemimpin yang melakukan 3T (to lead, to love, to serve) sebagai seorang imam besar, menegakkan keadilan sebagaimana mestinya, kembali ke nilai-nilai luhur dan budiperkerti yang positif dan baik. Niscaya kedamaian itu akan tetap terjaga dan tidak akan terluka.

One Man with one desire...
Just One Man can do!
Bangkitlah dan Jadilah pemenang!

http://www.twitter.com/ImageGambar/

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.