Tuesday, May 24, 2011

Jebakan Batman

Jebakan Batman merupakan istilah untuk sebuah peristiwa yang dapat seseorang itu masuk ke sebuah perangkap yang dapat mengakibatkan kerugian secara finansial, waktu, tenaga, atau bahkan moral.

Jebakan Batman pada komik atau filmnya tidak pernah ada. Hal ini sering terdengar dari ucapan masyarakat umumnya, karena kesal, kecewa, atau memang terkena hal tersebut.

Kerugian Finansial, seperti ongkos pergi dan pulang pada hari yang sama, ketika setibanya di tempat kerja ternyata libur, bahkan ada yang menginap di hotel untuk menunggu tempat kerjanya buka. Beli tiket, bayar tol, bayar ongkos angkot, bayar ongkos ojek, beli air mineral, dan sebagainya.

Kerugian Waktu, seperti dari kota Bandung, Jabodetabek, atau luar pulau yang menuju ke Jakarta, dengan menggunakan pesawat terbang atau kapal laut atau kereta api atau bus kota menuju tempat kerjanya akhirnya mengantri untuk beli tiket, berebut tempat duduk, dan bermacet-macet dalam perjalanan. Waktu hampir 3 hingga 5 jam terbuang percuma.

Kerugian Tenaga, seperti kebanyakan orang mengetahui apabila ingin sampai di Jakarta sekitar pukul 7, maka tiga atau lima jam sebelumnya harus sudah ada dalam transportasi umum sekitar pukul 5 atau pukul 2 dini hari. Bangun sudah paling awal harus menyewa ojek atau taksi menuju stasiun kereta, terminal bus, bandara atau pelabuhan yang jarak tempuhnya berkilo-kilo meter. Menenteng barang untuk kerja, koper pakaian, tas kerja, dan peralatan lain hingga dipanggul bila perlu. Mengantri tiket, berebut tempat duduk, dan akhirnya berdiri hingga kaki kesemutan, keram bahkan bengkak-bengkak, karena beberapa rangkaian kereta dibatalkan karena hari libur atau cuti bersama.

Kerugian Moral, sudah kecapaian sampai ke tempat kerja dan bahkan menginap seharian atau lebih. Bukannya dapat pujian dari boss atau atasan, eh... malah dimarahin lagi. Sampai di rumah juga ada yang tanya pak rajin, mengapa pulang cepat??? Dengan malu menjawab, "Khan cuti bersama...."

Belum kerugian yang sudah ada didepan mata, ditambah lagi dengan berbagai kejahatan, mulai dari copet, jambret, penodong, hipotis, petugas tiket kurang kembaliannya, petugas tiket salah kasih tujuan mau ke Bogor diberikan tiket ke Jakarta. Dan sebagainya.

Jebakan Batman yang paling menyakitkan adalah ketika seseorang pegawai yang bingung antara pergi kerja atau tidak. Dan ketika keesokkan harinya sesampainya di tempat kerja akhirnya dipanggil ke ruang HRD dan kena surat peringatan karena bolos! Perusahaan rugi, karena mesin sudah siap produksi, tetapi pegawai tidak pada masuk. Barang-barang pada rusak karena tidak ada yang mengantar atau dipakai untuk produksi. Dipameran barang rusak dan hilang karena SPG dan keamanan yang bertugas kekurangan personil untuk menjaga dan melayani konsumen. Akhirnya Boss menjadi marah besar, karena konsumen banyak yang mengeluh.

Ketidakjelasan suatu hari libur atau cuti bersama oleh pemerintah dapat menyebabkan "jebakan batman" ini menjadi sangat menyakitkan dan bahkan merugikan pekerja, perusahaan, dan bahkan daya saing terhadap luar negeri. Cuti bersama biasanya dilakukan pada hari ke jepit, yaitu masuk sehari besoknya libur dan lusa masuk kembali untuk kerja atau sebaliknya. Hari kejepit ini pada tahun 2011, jatuh pada tanggal:
04-Februari-2011 (Tgl. 3->Imlek)
14-Februari-2011 (Tgl. 15->Maulid)
16-Mei-2011 (Tgl. 17-> Waisak)
03-Juni-2011 (Tgl.2-> Kenaikan Isa Almasih)
29-Agustus-2011 (Tgl. 30->Idul Fitri)
1/2-September--2011 (Tgl.31->Idul Fitri)


Hari Ahad atau libur, merupakan hari yang dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk bersilahturahmi dengan keluarga, teman, dan sebagainya. Mengunjungi yang orang sakit atau berolahraga. Acara silahturahmi ini bisa berantakan dan batal, karena hari libur yang tidak jelas. Mama dan papa jadi marah-marah, doi yang sedang sakit minta putus, anak-anak demo dan protes karena tidak jadi berolahraga bersama, dan sebagainya, karena harus bekerja.
Dikutip dari Warkop, "Main-main, jadi bukan main!" Ya, seperti inilah akhirnya banyak yang dirugikan. Yang hanya dipikirkan kekuasaan, uang, dan kesenangan fisik saja. Dulu Presiden RI Pertama dipilih oleh rakyat langsung dan sekarang jaman reformasi Presiden RI juga dipilih oleh rakyat langsung. Tetapi bukan menjadi IMAM, melainkan membuat banyak orang menjadi susah, resah, gelisah, ragu, dan hal-hal yang menyakitkan.

Contoh kekuasaan dan uang yang dikutip dari harian Kompas tanggal 24-Mei-2011, pada Nazaruddin yang diduga terlibat dalam kasus suap uang dalam wisma atlet SEA Games di Palembang, Sumatera Selatan dan pemberian uang 120.000 dollar Singapura kepada Sekjen MK Janedjri M Gaffar. Nazaruddin juga sebagai bendahara umum di Partai Demokrat. Sebagai yang mengenal finansial seharusnya menjaga sikap dan teladan. Citra semua anggota atau pimpinan untuk lembaga eksekutif atau legistatif  atau yudikatif harus dijaga, jangan Miskin kehormatan yang dapat menyebabkan rakyat Indonesia menjadi sudah dan akhirnya dikuasai oleh asing.

Dimanja oleh perusahaan asing misalnya saja dengan membeli bensin  murah seharga Rp 9.050 per liter, sedangkan Pertamina saja menjualnya Rp 9.250 per liter. Apakah ini sebuah Jebakan Batman atau memang Pertamina yang ingin untung banyak?

Selain korupsi berupa uang yang tidak mengenal gender ini, ditambah pula dengan kesenangan fisik dengan menggunakan teknologi komputer melalui internet dengan membuka email, melihat atau menonton video porno. Teknologi harusnya dipergunakan sebagai alat bantu untuk memantau kesejahterahan dan kemakmuran rakyatnya, bukan untuk kesenangan pribadi. Hal yang sederhana saja, misalnya jauh-jauh hari dengan teknologi ini menghitung kapan mulai dan akhir puasa pada bulan Ramadhan? Kapan perayaan Idul Fitri dimulai? Pengumuman untuk hari libur untuk cuti bersama dan libur nasional. Hingga rakyat tidak semakin miskin, merusak moral dan membunuh karakter orang per orang tanpa belas kasihan.

Semoga Jebakan Batman ini bisa segera diakhiri agar rakyat merasa damai, aman, dan sejahterah. Bersatu dan bangkit untuk membangun dan menegakkan Indonesia Raya yang adil, makmur dan sejahterah. Amin...

Sumber:
Kompas, Halaman 1-15
Selasa, 24 Mei 2011
20 Pahing Jumadil Awal 1944
20 Jumadil Tsaniyah 1432 H



Sumber Gambar:
http://blog.hlj.net/manage/upload/200801/200801101438075221.jpg
http://images2.layoutsparks.com/1/94360/batdance-prince-logo.jpg
http://palabradevida.files.wordpress.com/2010/09/humantrap.jpg
http://yooseek.files.wordpress.com/2010/11/antri-makan.jpg?w=300&h=200

Artikel Lainnya:
50 Situs Jebakan Batman Paling Menyeramkan Di Internet 
Daftar Film dan Sinopsisnya
ImageGambar
http://imagegambar.blogspot.com/

http://www.twitter.com/ImageGambar/

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.