Wednesday, June 1, 2011

Modifikasi Sepeda Motor

Modifikasi sepeda motor merupakan hal yang paling disukai oleh penggemar atau pemakai atau kolektor sepeda motor. Sepeda motor yang berpenampilan biasa-biasa, ini bisa menjadi luar biasa cantik, kokoh, kuat, irit, dan memiliki berbagai fungsi.

Modifikasi sepeda motor pada umumnya dibuat bentuk fisiknya menjadi cantik, enak dipandang mata, warnanya berubah jadi jreng!, dan bisa dikonteskan atau diliput sebagai berita di majalah-majalah otomotive atau televisi.

Penampilan yang tadinya biasa-biasa aja, berubah menjadi sepeda motor yang berpenampilan sangat menarik, setiap orang akan melirik ke arah sepeda motor tersebut, ada yang dibuat agak tinggi, ada juga yang dibuat menjadi rendah. Velg warna warni dan mengeluarkan cahaya di malam hari. Lampu-lampu yang indah dan klakson berbagai bentuk dan suara pun ditanamkan di sepeda motor ini. Ada juga yang menempel dengan stiker warna warni, lampu depan dibentuk seperti belalang, mirip muka dengan mata dan telinga. Wah, pokoknya beda dengan awal deh!

Sepeda Motor Honda Yang dimodifikasi.


Modifikasi untuk sepeda motor untuk mengangkut beban berat, seperti warung penjual galon air mineral, tabung gas 12 KG, petugas kantor pos, loper koran, pengantar ikan, perpustakaan keliling, penjual buah, penjual makanan atau minuman, penjual ice-cream dan sebagainya. Modifikasi diperlukan seperti menambah kerangka besi, box kayu, rak aluminum, hiasan warna wani, dan sebagainya agar menarik konsumen untuk membelinya. Modifikasi diperlukan agar sepeda motor kokoh, tidak mudah ambruk, bisa mengangkut bobot yang sangat besar, harus hemat bensin agar bisa keliling di beberapa wilayah, mudah di kendarai atau dikendalikan, dan sepeda motor tersebut harus sesuai dengan fungsinya.

Sepeda Motor dimodifikasi untuk perpustakaan keliling, mengangkut berkarung-karung barang, dan penumpang 5 in 1.

Selain kokoh, modifikasi diperlukan juga agar dapat mengangkut jumlah penumpang yang banyak (lebih dari tiga orang). Bagasi dibawah jok yang luas, lampu rem tambahan untuk bagian belakang sepeda motor, kuat untuk menanjak, dan dapat rem mendadak untuk turunan atau di jalan protokol. Modifikasi yang sederhana, misalnya mengganti gear dan rantai untuk roda belakang sepeda motor dengan ukuran yang lebih besar, maka sepeda motor dapat menaiki jalan yang curam, walaupun bobot beban yang sangat berat sepeda motor tetap bertenaga.

Razia lampu depan harus menyala pada siang hari sangat gencar dilakukan mulai bulan Mei 2011 lalu. Bisa ratusan sepeda motor yang ditangkap dan di tilang di siang hari. Lampu depan dihidupkan akibatnya lampu rem berwarna merah pada bagian belakang pun ikut menyala, sehingga bagi pengendara sepeda motor harus menambah lampu lain pada rem belakang agar tidak membingungkan pengendara lain yang dibelakang, apakah sepeda motor sedang menginjak rem atau tidak. Lampu led atau lampu yang warna-warni lain, berbagai bentuk bisa dipasang di posisi belakang sepeda motor. Modifikasi ini atau penambahan lampu lain untuk rem belakang menambah indah sepeda motor dan juga sangat diperlukan untuk indikasi, bahwa sepeda motor yang dipergunakan sedang memperlambat laju sepeda motornya.

Mengganti Gear dan Rantai Sepeda Motor
untuk mengatasi jalan tanjakan yang curam.

Penambahan asesoris lain, untuk keamanan biasa menggunakan kunci roda depan sepeda motor, alarm anti maling, switch pemutus kontak mesin motor, dan sebagainya agar sepeda motor tidak mudah dicuri oleh curanmor. Asuransi sepeda motor pun diperlukan, jika diketahui, bahwa daerah tersebut sering terjadi curanmor.

Sepeda motor memang diperlukan untuk berbagai kegiatan, apakah itu kontes, iklan, hobi, koleksi, bekerja, dan bisa juga untuk hadiah. Jadi modifikasi sepeda motor haruslah tepat dan berguna, agar tidak banyak uang yang dikeluarkan, sehingga boleh bangga dengan sepeda motor yang dimiliki karena sering dilirik oleh orang lain. Selamat melakukan modifikasi dan konsultasikanlah dengan yang ahli agar penambahan atau perubahan sesuai dengan yang diinginkan dan tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Sumber:
Kusuma Motor
Jl. Raya Wangun
Bogor

Sumber Gambar:
http://www.hondascoopy.com
http://cbr250r.files.wordpress.com/2010/08/scoopy.jpg
http://cdn.sportku.com/uploads/article-images/honda-scoopy-milik-toto-201101142054588134.jpg
http://cdn.sportku.com/uploads/images/honda-scoopy-milik-toto-201101142054578043.jpg
http://3.bp.blogspot.com/--lDHU4a3m3A/TcDsAZnngHI/AAAAAAAAAgQ/WzZBxpB75rU/s1600/kawasaki-nsr150sp-nsr150-3.jpg
http://www.rideit.co.th/ckfinder/userfiles/images/Clip17%281%29.jpg
http://playbiker.files.wordpress.com/2008/03/newtiger250yellow.jpg
http://www.motoinfo.it/public/images/scheda/HONDA-CBR600RR-2009-l.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_LbFB-mIBjYI/TSLqXCpniqI/AAAAAAAAELk/xYIUGw1_ugc/s400/Modifikasi%2BHonda%2BScoopy%2B-%2BPink%2BStyle%2BRETRO%2B2011-2.jpg
http://i234.photobucket.com/albums/ee215/smaeda/mopeds-mini-bike-03.jpg
http://motormodifikasi.net/wp-content/uploads/2011/05/Vario.jpg
http://www.juokai.lt/public/files/posts/images/3133/mopedai-001_1.jpg
http://i476.photobucket.com/albums/rr125/tinducati/SUSU/suzuki-151.jpg
http://i612.photobucket.com/albums/tt209/dohaokta/showgile17ev2.jpg
http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash2/37871_1336231452475_1431775532_30720655_6400986_n.jpg
Suiseki Asal Jepang