Saturday, July 23, 2011

Gurita Cikeas Jilid II

Cikeas Kian Mengurita

George Junus Aditjondro, Penulis Buku Spesialis Korupsi di Lingkaran Presiden, kembali membidik Cikeas. Konstruksi mengenai Oligarki Ekonomi Keluarga SBY.

Dikutip dari harian "Radar Bogor", Rabu, 20 Juli 2011, 18 Sya'ban 1432 H, George kembali menggoyang dinasti Presiden SBY. Setelah jeda hampir selama 1 tahun 5 bulan sejak terbit buku "MEMBONGKAR GURITA CIKEAS" Di Balik Skandal Bank Century akhirnya George menerbitkan buku Gurita Cikeas Jilid kedua ini sebagai buku "lanjutan" dengan judul "CIKEAS KIAN MENGGURITA".

"Bahasan tentang skandal Bank Century pada buku kedua ini lebih mendalam daripada buku yang pertama," kata George saat diskusi bukunya di gedung DPR, kemarin (19/07/2011).

George mengakui ini tidak terlepas dari munculnya sejumlah buku lain yang juga membahas kasus Century secara mendalam. George mencontohkan buku Skandal Gila Bank Century, Mengungkap yang Tak Terungkap Skandal Keuangan Terbesar Pascareformasi, karya mantan anggota pansus angket Century, Bambang Soesatyo.

"Kemudian berbagai laporan pansus dari berbagai partai saya dapatkan. Juga informasi dari PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan)," ungkap mantan wartawan Tempo, itu.

Turut hadir dalam diskusi itu, anggota Komisi III dari PDIP, Eva Kusuma Sundari, anggota Komisi III dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo, dan Direktur Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti.

George mengaku sangat gembira, karena buku pertamanya telah memberikan dorongan ke sejumlah media massa untuk ikut menggali perusahaan-perusahaan keluarga Cikeas yang lain. Dari sana, muncul nama PT Wanatirta Edhie Wibowo.

"Ini adalah perusahaan keluarga Cikeas yang bergerak di bidang penebangan hutan," kata George. Dia lantas menyebut Wijasih "Wiwiek Cahayasari",- kakak tertua Ani Yudhoyono, adalah komisaris dari PT Wanatirta Edhie Wibowo.

"Saya mengutip dari majalah Tempo, karena intervensi dari Wiwiek menyebabkan beberapa pelanggar atau pelaku illegal loggin bisa dibebaskan setelah Wiwiek turun tangan menghubungi beberapa petinggi polisi," tutur pria berambut gondrong yang kemarin mengenakan syal berwarna pink, itu.

Dalam bukunya, George juga bercerita mengenai bisnis pertambangan nikel milik putra bungsu SBY, Edhie Baskoro atau Ibas di Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Ada juga informasi mengenai klinik spesialis Kerta Medika milik mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang juga adik ipar SBY, yakni Hadi Utomo di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

"Ibas yang memulai bisnis dari kue kering, kini berhasil melebarkan sayap bisnisnya. Usahanya sudah masuk ke pertambangan nikel di bawah payung PT Yastra Energy dan PT Yastra Indonesia," tulis pria kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, 27 Mei 1946, itu. Walau bisnis milik Ibas ini masih sangat muda, yakni berdiri 30 April 2008, George menyebut bidang usahanya sudah sangat melebar.

Usaha lain seperti PT Berlian Entertainment yang bergerak dalam bidang pengorganisasian pertunjukkan-pertunjukkan hiburan, "misalnya dalam penyelenggaraan konser Justin Bieber baru-baru ini," tulis George dengan mengutip pemberitaan di salah satu jaringan media online.

Dalam buku yang kedua ini ada ulasan mengenai praktik penyelenggaraan pemilu mendapat porsi yang lebih besar hingga 30 halaman. "Saya menyimpulkan sesuatu yang belum disimpulkan di buku pertama dan mungkin gongnya buku kedua ini, bahwa kemenangan Partai Demokrat dan SBY-Boediono tidak sah. Saya menyarankan pemilu ulang dan para pelaku pelanggaran dalam pemilu pertama harus didiskualifikasi untuk ikut pemilu yang kedua (ulang, red)," kata George.

Eva Kusuma Sundari memuji hasil buku George. Tapi, dia menegaskan bahwa kajian ini belum menjadi fakta hukum atau berkekuatan hukum. "Nasib" dari buku Gurita Cikeas Jilid II tergantung dari keseriusan penegak hukum untuk menindaklanjutinya.

"Logikanya masuk akal. Tapi, belum sampai bisa mengarah kepada kesimpulan hukum," ujarnya. (jp)

Sumber:
Radar Bogor, Halaman 2
Rabu, 20 Juli 2011
18 Sya'ban 1432 H

Artikel Lainnya:
ImageGambar
Yogyakarta 19 Desember 1948
Cikeas Kian Mengurita
Membongkar Gurita Cikeas
Fantastic Beast & Where to Find Them
Menjadi No 1 di Abad ke 21
Suiseki Asal Jepang
Tibet di Otak
The Wedding Officer
Republik Gayus
Sang Predator
Menikah Dengan Ratu Jin Yang Cantik!
Saatnya Berinovasi
Bagaimana Mengontrol Emosi???
Kedamaian
Jebakan Batman
Bagai Lintah Darat
Ini Moneter Baru
Yang Cantik
Cikeas Kian Menggurita
George Aditjondro Kembali Bongkar Kebobrokan Cikeas
Dinasti SBY Kuasai Politik dan Bisnis
Korupsi Cikeas
Demokrat Pertanyakan Peluncuran Buku ‘Cikeas Kian menggurita’

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.