Sunday, August 14, 2011

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa adalah salah satu cara untuk menahan hawa nafsu, rasa lapar, rasa haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Memulai puasa dengan makan sahur yang paling baik adalah menjelang subuh dan tidak lupa membersihkan tubuh serta mengosok gigi.

Mencegah Tumor: Puasa juga berfungsi sebagai dokter bedah yang menghilangkan sel-sel yang rusak dan lemah di dalam tubuh. Rasa lapar yang dirasakan orang berpuasa bisa menggerakkan organ-organ internal di dalam tubuh untuk menghancurkan atau memakan sel-sel yang rusak. Ini merupakan saat yang bagus bagi badan untuk mengganti sel-selnya dengan sel-sel yang baru, sehingga bisa kembali berfungsi dan beraktivitas dengan baik.

Menjaga Kadar Gula dalam Darah: Puasa sangat bagus dalam menurunkan kadar gula dalam darah hingga mencapai kadar seimbang. Berdasarkan hal ini, maka sesungguhnya puasa memberikan kepada kelenjar pankreas kesempatan yang baik untuk istirahat. Maka, pankreas pun mengeluarkan insulin yang menetralkan gula menjadi zat tepung dan lemak dikumpulkan di dalam pankreas.

Puasa adalah Dokter yang Paling Murah: Sesungguhnya puasa, tanpa berlebih-lebihan adalah "dokter" yang paling murah secara mutlak. Sebab, puasa bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Dengan catatan ketika berbuka puasa memakan dengan menu seimbang dan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman langsung ketika berbuka.


Sumber:
Radar Bogor, Halaman 7
Kolom XPRESI
Selasa, 2 Agustus 2011
02 Ramadhan 1432 H

Artikel Lainnya:
Bagaimana Hukum Berkumur Waktu Puasa?
Ngabuburit Bareng Teman, Pasti Seru
Tips Nagbuburit Mengasyikkan
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Bau Busuk Mulut (BBM)
Makan Timun untuk Menghilangkan Bau Mulut
Puasa, Siapa Takut Bau Mulut
Muzzaki
Bermanfaat Asal Tepat
Hiduplah Sesuai Kemampuan
Doa dan Ucapan Syukur
Menjawab Kerancuan Hukum Alkohol (C2H5OH)
Waspadai Angin Duduk
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Bokasan
Kalender, Hari Libur dan Bersejarah
Ini Moneter Baru

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.