Monday, September 5, 2011

Mentimun

Mentimun atau ketimun adalah buah yang mengandung banyak air dan biji, akan tetapi di pasar di golongkan sebagai sayuran, sama seperti tomat. Dalam bahasa Inggris, ketimun disebut cucumber.
Klik pada gambar Ketimun untuk memperbesar.

Ketimun (Cucumis sativus) adalah buah hijau muda yang berasal dari India dan masyarakat pada umumnya telah memasukkan ke dalam sayuran, maka  biasanya ketimun diolah menjadi acar, lalapan, atau sekedar dijadikan penghias masakan agar terlihat lebih cantik. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai kesehatan dan alat bantu kecantikan berupa masker, sejak jaman dahulu kala.

Klik pada gambar Acar untuk memperbesar.

KETIMUN UNTUK MASAKAN

  1. Acar adalah makanan yang dibuat dari ketimun dengan irisan memanjang atau kubus, biasanya direndam dengan menggunakan cuka makan dan diberi irisan bawang, cabe rawit, dan sebagainya.
  2. Lalapan adalah buah ketimun gelondongan dicuci bersih, disajikan dalam sebuah wadah, dan dimakan langsung dengan cara menambahkan sambal atau lauk pauk ke dalam mulut.
  3. Penghias masakkan, maksudnya adalah hiasan berupa irisan bulat atau elips yang biasa diletakan dipinggir piring atau nampan atau disekeliling nasi tumpeng, dan irisan timun ini juga disertai dengan hiasan lain seperti cabai, bawang, dan sebagainya, agar kelihatan menarik orang yang akan menyantapnya.
  4.  Sayur Ketimun, biasanya irisan memanjang dari ketimun ditumis dengan bawang, cabe, dan bumbu-bumbu lainnya. Masakkan ini biasa ditemukan di Warteg-warteg atau tempat makan.
Klik pada gambar lalapan untuk memperbesar.

KETIMUN UNTUK KESEHATAN
  1. Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan ketimun berguna untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.
  2. Kandungan kaliumn yang tinggi membuat ketimun memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi.
  3. Sifatnya yang mendinginkan membuat ketimun dapat memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi radang tenggorokan atau sariawan.
  4. Penglihatan menjadi lebih cerah dan kantung mata berkurang berkat dikompres dengan irisan ketimun selama beberapa menit.
  5. Ketimun terkenal efektif menghilangkan jerawat ringan. Tempelkan irisan ketimun di bagian wajah yang berjerawat dan jerawat biasanya cepat sekali hilang.
  6. Kandungan cairannya bisa memperlancar urine. Apabila dipadukan dengan seledri dan jus wortel, ketimun dapat membantu penderita rematik.
  7. Cairan pada ketimun juga bisa menghaluskan kulit. Lain kali selepas anda mencuci memakai deterjen, basuhlah tangan anda dengan irisan kulit ketimun. Niscaya kulit anda akan tetap lembut.
  8. Mengkonsumsi timun saat sahur. Karena timun bikin mulut dan perut segar setiap saat dan mengurangi bau busuk mulut.
  9. Alat bantu sex dan kompres, yaitu dengan cara, timun dicuci bersih, dikupas kulitnya dan baru dipergunakan untuk mencapai kepuasan sex dan atau untuk kompres di sekitar kemaluan wanita karena merasa sakit setelah habis berhubungan dengan suami. Sebagai makanan, cairan pada ketimun ini juga tidak baik untuk kesehatan wanita, karena vagina akan lembab dan becek sekali nantinya ketika bersenggama.
Klik pada gambar kompres mata untuk memperbesar.


Sumber:
http://www.sendokgarpu.com/tips/berbagai-khasiat-ketimun/151/

Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
Langkah-Langkah Mencegah Penularan AI
Mentimun atau ketimun
Doa dan Ucapan Syukur
Suiseki Asal Jepang
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)