Thursday, November 10, 2011

Bimbingan Wudhu dan Tayammum

Pada saat memulai wudhu hendaknya membaca Basmalah sembari mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan hingga bersih. Pada saat membersihkan kepala hingga bawah dagu dan dari telinga kanan hingga telinga kiri, sambil membaca niat berwudhu yaitu:



Niat Berwudhu:



Selesai wudhu membaca doa di bawah ini. Dengan cara menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan sambil memandang ke atas.



Niat Tayammum:


1. Mula-mula membaca niat tayamum seperti bacaan di atas, kemudian meletakkan kedua telapak tangan di atas permukaan debu.


2. Setelah meniup kedua telapak tangan agar debu yang menempel bisa tipis, kemudian ucapkan kedua telapak tangan ke muka, sekali usapan.


3. Selanjutnya ucaplah kedua tangan, yaitu mengusap tangan kanan dengan telapak tangan kiri, kemudian usapkan telapak tangan kanan ke tangan kiri.


Doa sesudah Tayammum:



(Beribadahlah) dengan ikhlas kepada Allah, tanpa mempersekutukan-Nya. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka seakan-akan dia jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. (QS. Al-Hajj Ayat 31)

Katakanlah, "Tuhanku menyuruhku berlaku adil. Hadapkanlah wajahmu (Kepada Allah) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan semula. (Qs. Al-A'raf ayat 29)

Powerby:
Hosting dan Domain Termurah

Artikel Lainnya: