Sunday, November 20, 2011

Menabung Gula, Menuai Komplikasi

DIABETES MELITUS (DM) merupakan penyakit menahun yang akan diderita seumur hidup. Jika diagnosis sejak awal, sebenarnya diabetes dapat dikendalikan. Ironisnya, hanya sekitar 50 persen dari diabetesi yang terdiagnosis dan menyadari bahwa mereka menyandang diabetes.

Deteksi dini risiko diabetes dapat dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium. Hal tersebut sebaiknya dilakukan ketika mengalami keluhan klasik diabetes, yakni, sering kencing (poliuria), sering haus (polidipsia), dan sering lapar (polifagia). Deteksi dini juga menganjurkan bagi yang memiliki satu atau lebih faktor risiko diabetes, antara lain riwayat keluarga dengan diabetes, usia di atas 45 tahun, berat badan lebih (overweight) atau Indeks Massa Tubuh > 23 kg/m2, serta gaya hidup sedenter, seperti kurangnya aktivitas fisik dan diet tidak sehat (tinggi gula, rendah serat).

Pada dasarnya, keberhasilan pengelolaan diabetes tergantung kepada kepatuhan diabetesi terhadap empat pilar pengelolaan diabetes, yaitu edukasi dan pemahaman DM; mengatur pola makan; olahraga teratur; serta pengobatan dan pemantauan hasil terapi melalui pemeriksaan laboratorium. Laboratorium Klinik Prodia berkomitmen membantu diabetesi dalam mengelola diabetes, yakni dengan menyediakan panel pengelolaan diabetes.

Panel yang berisi sejumlah tes laboratorium ini bermanfaat untuk memantau kondisi individu penyandang diabetes, memantau kepatuhan dalam mengikuti terapi, dan melihat risiko komplikasi yang mungkin terjadi.  Panel ini terdiri dari glukosa puasa dan glukosa 2 jam PP; HbA1c, Albumin Urine kuantitatif, Kreatinin, Urine rutin; Albumin/Globumin, SGPT; dan Kolesterol total, Kolesterol LDL Direk, Kolesterol HDL, dan Trigliserida.

Pemeriksaan panel pengelolan DM ini dianjurkan 1-2 kali setahun sesuai dengan petunjuk dokter atau kondisi diabetesi, karena itu segera lakukan pemeriksaan secara berkala. Selama bulan Nopember 2011, Prodia memberikan keringanan biaya pemeriksaan HbA1c dan panel pengelolaan DM. Dapatkan bonus booklet Makanan Seimbang Bagi Diabetesi untuk setiap pemeriksaan panel pengelolaan DM. Untuk lebih lanjut hubungi marcomm@prodia.co.id atau www.prodia.co.id atau SMS Center: 0811-353-1010 [*/BYU]

Sumber:
Kompas, Halaman 45
Sabtu, 05 Nopember 2011
08 Pahing Besar 1944
09 Dzulhijjah 1432 H

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.