Tuesday, December 13, 2011

SP. Maria Bunda Allah (Hari Perdamaian Sedunia)

Pesta: 01 Januari

Hari Perdamaian Sedunia sebenarnya jatuh pada tanggal 21 September 2011 lalu. Tetapi dalam konteks ini, Hari Perdamaian Sedunia ditetapkan pada tanggal 01 Januari setiap tahunnya bagi umat Kristen. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. (Matius 5:9).

Dikutip dari Vatikan, 8 Desember 2010, Benedictus XVI PP, bahwa dunia membutuhkan Allah. Ini kebutuhan universal, nilai-nilai etika dan spiritual bersama, dan agama dapat menawarkan kontribusi berharga untuk mengejar mereka, untuk membangun suatu tatanan sosial yang adil dan damai di tingkat nasional dan internasional. Perdamaian adalah karunia Tuhan dan pada saat yang sama tugas yang tidak pernah sepenuhnya selesai. Sebuah masyarakat didamaikan dengan Allah adalah lebih dekat kepada perdamaian, yang tidak hanya tidak adanya perang atau hasil dari supremasi militer atau ekonomi, ploys apalagi menipu atau pandai manipulasi. Sebaliknya, perdamaian adalah hasil dari proses pemurnian dan elevasi budaya, moral dan spiritual yang melibatkan setiap individu dan orang-orang, suatu proses di mana martabat manusia dihormati sepenuhnya. Saya mengundang semua orang yang ingin menjadi pembawa damai, terutama kaum muda, untuk mendengarkan suara berbicara dalam hati mereka dan dengan demikian untuk menemukan di dalam Allah titik acuan yang stabil untuk mencapai kebebasan otentik, kekuatan habis-habisnya yang dapat memberikan dunia arah yang baru dan roh, dan mengatasi kesalahan masa lalu. Dalam kata-kata Paus Paulus VI , untuk yang kebijaksanaan dan rabun dekat kita berhutang institusi Hari Perdamaian Sedunia: "Hal ini diperlukan sebelum semua yang lain untuk memberikan ketenangan dengan senjata lainnya - yang berbeda dari mereka yang ditakdirkan untuk membunuh dan memusnahkan umat manusia. Apa yang dibutuhkan di atas semua adalah senjata moral, mereka yang memberikan kekuatan dan prestise dengan hukum internasional - senjata, di tempat pertama, dari ketaatan pakta". Kebebasan beragama adalah senjata otentik perdamaian, dengan misi sejarah dan profetis. Perdamaian membawa ke hasil penuh kualitas dan potensi terdalam dari pribadi manusia, kualitas yang dapat mengubah dunia dan membuatnya lebih baik. Ini memberikan harapan untuk masa depan keadilan dan perdamaian, bahkan dalam menghadapi ketidakadilan serius dan materi dan kemiskinan moral. Semoga semua pria dan wanita, dan masyarakat pada setiap tingkat dan di setiap bagian bumi, segera dapat mengalami kebebasan beragama, jalan menuju damai!

Maria (bahasa Ibrani: Miriam; bahasa Aram/Arab: Maryam), sering disebut sebagai "Santa Maria", "Bunda Maria", yang "Perawan Maria", yang "Santa Perawan Maria", atau "Maria, Bunda Allah ", adalah seorang Yahudi perempuan Nazaret di Galilea . Dia diidentifikasi dalam Perjanjian Baru [ Mat 1:16,18-25 ] [ Luk 1:26-56 ] [ 2:1-7 ] dan dalam Al-Quran sebagai ibu dari Yesus melalui Kuasa Allah.

Para Injil kanonik dari Matius dan Lukas menggambarkan Maria sebagai perawan dan orang Kristen percaya bahwa ia mengandung anaknya secara ajaib melalui Roh Kudus. Muslim percaya bahwa ia dikandung oleh perintah Allah. Maria kemudian menikah dengan Yusuf dan menemaninya ke Betlehem, dimana Yesus dilahirkan.

Orang Kristen dari Gereja Katolik, yang Gereja Ortodoks Timur, Gereja Ortodoks Oriental, Komuni Anglikan, dan Lutheran gereja percaya bahwa Maria, sebagai ibu Yesus, adalah Bunda Allah dan Theotokos. Maria telah dihormati dalam kekristenan sejak Usia Apostolik. Ada keragaman yang signifikan dalam keyakinan Maria dan praktek devosional dari tradisi Kristen besar. Gereja Katolik memiliki sejumlah dogma Maria , seperti Maria Dikandung Tanpa Dosa dan Maria Diangkat ke Surga. Katolik merujuk padanya sebagai Bunda Maria dan menghormati dia sebagai Ratu Surga dan Bunda Gereja.


MARIA DALAM KEHIDUPAN YESUS


Maria adalah sosok yang satu-satunya terlibat dalam  peristiwa dalam kehidupan Yesus yang dicatat dalam Perjanjian Baru, mulai dari melahirkan di Betlehem dan pindah ke Mesir karena dikejar-kejar raja Herodes. Mencari-cari Yesus di usia dua belas tahun, telah menjadi terpisah dari orang tuanya dalam perjalanan pulang mereka dari Paskah perayaan di Yerusalem, dan kemudian ditemukan di antara para guru di Bait Allah. [ Luk 2:41-52 ]

Selang kemudian Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dan Yesus pergi ke padang gurun selama 40 hari 40 malam dan IA juga dicobai oleh iblis di sana. Sekembalinya dari padang gurun, Yesus dan Ibunya, Maria hadir di perkawinan Kana. Atas saran ibunya, Yesus melakukan keajaiban perdana di Kana dengan mengubah air menjadi anggur. [ Yoh 02:01 -11 ]

Maria juga hadir selama penyaliban dan berdiri di dekat "murid yang dikasihi Yesus" bersama dengan Maria Klopas dan Maria Magdalena. [ Yoh 19:25-26 ]

Maria, menggendong, merempah-rempahi, dan memberikan kain kafan untuk jenazah puteranya, meskipun tidak tercatat dalam catatan Injil, merupakan motif yang umum dalam seni, yang disebut "Pieta" atau "kasihan".



KRISTEN PENGABADIAN

Di abad Pertengahan melihat banyak legenda tentang Maria, dan juga orang tua dan bahkan kakek-nenek. Devosi Kristen Maria kembali ke abad ke-2 dan mendahului munculnya sistem Marian tertentu liturgi di abad ke-5, setelah Konsili Pertama Efesus pada tahun 431. Dewan itu sendiri diadakan di sebuah gereja di Efesus yang telah didedikasikan untuk Maria sekitar seratus tahun sebelum. Di Mesir penghormatan Maria telah dimulai pada abad 3 dan istilah Theotokos digunakan oleh Origenes, yang Aleksandria Bapa Gereja.

Doa awal dikenal Marian (yang tuum Sub presidium, atau bawah-Mu Perlindungan) adalah dari abad ke-3 (mungkin 270), dan teks yang ditemukan kembali pada tahun 1917 pada papirus di Mesir. Setelah Dekrit Milan pada tahun 313, oleh abad ke-5 gambar artistik dari Maria mulai muncul di gereja-gereja umum dan lebih besar sedang didedikasikan untuk Maria, misalnya S. Maria Maggiore di Roma.


DOA


Sta. Maria Bunda Allah ajarilah kami untuk membawa damai bagi setiap orang dan boleh menjadi Anak-Anak Allah yang membutuhkan belaian kasih Allah dalam iman akan Kristus.

Himne untuk Maria versi Italia
Partitur Himne untuk Maria
Rosario

Salam Maria
Maria penuh rahmat, Tuhan besertamu. Terpujilah Engkau di antara wanita, dan terpujilah buah tubuhmu, karena Engkau telah melahirkan Juruselamat jiwa kita.


Sumber:
http://www.vatican.va/holy_father/benedict_xvi/messages/peace/documents/hf_ben-xvi_mes_20101208_xliv-world-day-peace_en.html
dan
WIKIPEDIA
http://en.wikipedia.org/wiki/Mary_%28mother_of_Jesus%29
http://en.wikipedia.org/wiki/File:The_Madonna_in_Sorrow.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/1f/Eustache_Le_Sueur.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c9/Virgin%27s_first_seven_steps.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/bb/House_of_the_Virgin_Mary.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/95/Wga_Pompeo_Batoni_Madonna_and_Child.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fa/CopticAltar.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b0/Bouguereau_The_Virgin_With_Angels.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/81/Bogoroditse.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/81/Emblem_of_the_Papacy_SE.svg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/17/Magnificatio.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/74/Hb_1987.290The_Fifteen_Mysteries_and_the_Virgin_of_the_Rosary.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/11/MaryRose-rosary-81A1414h.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/a/a0/StMichaelRosary.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6a/SilverRosary.png
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/0/08/Rosary%26scapular.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d2/Irish_penal_rosary.svg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/22/Ringrosary.JPG
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Finger_rosary.svg

Artikel Lainnya: