Friday, March 9, 2012

IPB Ciptakan Biofuel dari Kapang

BOGOR - RADAR BOGOR. SALAH satu staf pengajar di Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan IPB Hefni Effendi berhasil membuat bioenergi atau biofuel dari aquatic microfungi atau kapang yang hidup di mana saja dan bersifat dekomposer. Kapang yang ia kembangkan berasal dari Telaga Warna di Cisarua Bogor.

"Saya banyak mengoleksi dan banyak mengembangkan kapang ini. Saya ambil sewaktu musim hujan dan musim kemarau. Tumbuhnya sangat pesat dan optimal," jelasnya.

Setelah berkembang biak, kata Hefni, kapang dimurnikan agar tinggal satu jenis kultur yang terbaik (berkembangnya paling cepat, biomassanya banyak dan relatif singkat). Kemudian dengan menggunakan teknologi acidimpregnasi dan fermentasi, dihasilkanlah bioethanol atau biofuel.

Hefni sudah mendalami penelitian di bidang ini sejak menempuh pendidikan S3 di Jerman. Dikatakannya, kapang biasa hidup di air laut, tawar maupun payau.

Dari hasil penelitiannya inilah, Hefni meraih DAAD-Fraun-hofer Technopreneur Award 2009 dan sejumlah dana. Tema yang diangkat adalah mencari atau mengekplor bioproduk dari bahan alami melalui teknologi ekstraksi dan fermentasi.

Dengan award ini, Hefni mendapat kesempatan bermukim selama empat bulan di The Fraunhofer Institut for Environment, Safety and Energy Technology in Oberhausen, Germany. Selama di Jerman, Dr. Hefni akan melakukan penelitian lanjutan seperti optimasi dalam pembuatan bioetanol dari kapang ini.

Selain itu, ia juga berkesempatan mengembangkan produk-produk yang dapat dipasarkan dari hasil risetnya dan membangun kontak dengan mitra potensial di perusahaan-perusahaan di Jerman.

Award ini disampaikan secara resmi oleh Penanggung Jawab DAAD Kantor Perwakilan Jakarta Helmut Buchhold didampingi Anas Miftah Fauzi, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Ida Bagus N, Direktur Fraunhofer di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Rabu (19/8). (PIA/*)

Sumber:
Radar Bogor Hal. 3
Senin, 24 Agustus 2009
3 Ramadhan 1430 H

Artikel lainnya:
Isu Kenaikan Harga BBM
Energi Alternatif
Evaporator Untuk Meningkatkan Kualitas Bioethanol
Kompor Bioethanol
Kompor Cangkang Sawit
Bioethanol Padat 
Penyakit kapang
Bermanfaat Asal Tepat
Hiduplah Sesuai Kemampuan

Cara Mengambil Nilai pada Auto Increment di Mysql

Cara mengambil nilai atau angka yang tersimpan pada Auto Increment di Mysql adalah sebagai berikut: