Friday, June 21, 2013

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Si Emas Merah dari Papua

Sehat dengan ramuan tradisional.

Salah satu tanaman asli Bumi Cendrawasih yang kini populer adalah buah merah (Pandanus Conoideus). Berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah mengkonsumsinya, buah merah ternyata mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Popularitas dan khasiat buah merah ini telah meningkatkan taraf hidup sekaligus mengubah gaya hidup penduduk Papua. Apakah buah merah itu, serta bagaimana cara menanam, mengolah, dan mengkonsumsinya? Buku yang ditulis praktisi dari ujung timur Indonesia ini adalah jawabannya.

Adapun isi buku ini sangat menarik dan disertai dengan banyak sekali foto-foto berwarna, antara lain:
* Mengenal buah Merah.
* Cara budidaya dan pengolahannya
* Kandungan kimia buah merah dan manfaatnya bagi kesehatan
* Pengalaman para penderita yang sembuh berkat buah merah
* Papua menggeliat bersama buah merah

Sejak I Made Budi dari Universitas Cendrawasih mempopulerkan buah merah dan khasiatnya dalam membantu penyembuhan berbagai penyakit maut, sehingga buah merah sekarang telah menjadi idola. Akibatnya, buah merah ini juga menjadi ladang emas merah bagi penduduk pribumi di pedalaman Jawawijaya. Bayangkan, dengan memasuki hutan selama 1-2 jam, mereka sudah bisa memanggul 5-10 buah merah. Buah merah itu kemudian dijual Rp 30.000 per buahnya. Jadi, pendapatan mereka bisa mencapai Rp 150.000-300.000 per hari. Belum lagi merebaknya industri yang menggerakkan perekonomian. Semua kalangan pun kemudian mengalami demam buah merah dan banyak yang menjadi jutawa dadakan.

Tanaman buah merah, masih satu famili dengan pandan. Tanaman yang bernama ilmiah Pandanus conoideus ini di Wamena disebut dengan sauk eken dan di Lembah Balien disebut dengan tawi. Nama yang lain sering disebut oleh penduduk di pedalaman adalah Barugum untuk buah merah yang berukuran kecil dan pendek. Menurut perkiraan ada sekitar 14 jenis buah merah yang tumbuh di Papua dan perbedaannya hanya pada bentuk, berat, dan warna buahnya.

Di habitat aslinya tanaman buah merah tumbuh baik di dataran rendah (40 m dpl) sampai dataran tinggi (2.000 m dpl) yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Hidup pada tanah berlempung dan berpasir dengan pH 5-7, suhu 10-17 derajat Celcius, dan curah hujan 186 mm per bulan.

Kandungan gizi yang terdapat pada buah merah, yaitu: Energi 396 kalori, Protein 3.300 mg, Lemak 28.100 mg, Serat 20.900 mg, Kalsium 54.000 mg, Fosfor 30 mg, Besi 2,44 mg, Vitamin B1 0,90 mg, Vitamin C 25,70 mg, Vitamin E 11.000 ppm, Niasin 1,8 mg, dan air 34,90 mg. Buah ini juga mengandung beberapa zat yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti karotenoid, tokoferol, betakaroten, Alfa tokoferol, Asam oleat, Asam linoleat, Asam linoleriat, dan Dekanoat. (Sumber: Bonus Trubus, 422, XXXVI, Januari 2005).

Sari Buah merah ini biasanya dibuat minyak dan rasa dari minyak buah merah berkualitas adalah gurih. Sedangkan ampasnya dapat dibuat kerupuk, dodol, sambal, dan pakan ternak.

Meskipun masih banyak pendapat kontroversial mengenai khasiatnya untuk penyembuhan, secara testimonial banyak pasien penderita berbagai penyakit yang jiwanya tertolong. Melalui sari buah merah ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang masih wajar, seperti kanker, tumor, dan HIV/AIDS, Diabetes Melitus, Osteoporosis, aprodisiak, IQ, dan menambah berat badan. Semua pendapat tersebut layak ditampung dan penelitian harus terus dilanjutkan untuk menyibak tabir dibalik buah warisan nenek moyang orang Papua ini.

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Si Emas Merah dari Papua
AP 9256.02.2005

Penulis: H. Machmud Yahya dan Bernard T. Wahyu Wiryanta
Penyunting: Mulyono
Desain Sampul: Jumanta
Tata Letak: Iwan Setiawan
Penerbit: PT ArgoMedia Pustaka

Redaksi:
Pesona Depok Estate II Blok AK/18. Depok 16411
Telp. (021)7705606, 7701295 Fax. (021)7705606
Email: argomedia@cbn.net.id

Pemasaran:
Bintaro Jaya Sektor IX
Jl. Rajawali IV Blok HD-X No.3
Tangerang 15226
Telp: (021)7451644 74863334 Fax. (021)74863332
Email: argomarketing@cbn.net.id

Cetakan Pertama, Februari 2005
Cetakan Kedua, Maret 2005
Cetakan Ketiga, April 2005

Buku terbitan ArgoMedia Pustaka tersedia
secara online di www.rumahtom.com

Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Yahya, Machmud.
Khasiat dan Manfaat Buah Merah Si Emas Merah dari Papua / H. Machmud yahya
dan Bernard T. Wahyu W; Penyunting: Mulyono--Cet 1.--- Jakarta: AgroMedia
Pustka 2005
vi + 84 Halaman; 19 cm

ISBN 979-3702-30-3

1. Buah Merah                I. Judul
ii. Wiryanta, Bernard.            iii. Seri.

Kondisi buku baru 100%, dalam buku ini banyak terdapat foto-foto fullcolor yang menarik dan masih dibungkus dengan plastik. Dijual seharga Rp 20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah) dan belum termasuk ongkos kirim via TIKI. Apabila berminat dapat SMS ke 08389.7746.888 (Axis). Agar produk yang kami tawarkan dapat tiba tepat waktu, mohon mengirimi SMS kami berupa NAMA LENGKAP, ALAMAT + KODE POS yang jelas, NO.TELPON/HP, dan Email. Kami mengucapkan terima kasih atas pembelian produk-produk favorit Anda, kepercayaan dan perhatiannya.

Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
PDF Seminar Mendidik Hati Anak ~ Pola Asuh yang mengutamakan Kejujuran dan Integritas ~
Free Download PDF Kamus Lengkap Sunda ke Indo atau Indo ke Sunda
The meaning comment number on Your Instagram
Seminar Mendidik Hati Anak ~ Pola Asuh yang mengutamakan Kejujuran dan Integritas ~
Menjadi Manusia Pembelajar ~ On Becoming A Learner ~
Khasiat dan Manfaat Buah Merah Si Emas Merah dari Papua
Membuat Biogas
Paus Benediktus XVI
Beautiful Picture
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)



Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.