Friday, June 21, 2013

Seminar Mendidik Hati Anak

Pola Asuh yang mengutamakan Kejujuran dan Integritas.

PANGGILAN BATIN. Dalam diri setiap manusia ada panggilan BATIN untuk menjadi yang terbaik sebagaimana ia diciptakan oleh TUHAN. RESPONS manusia terhadap panggilan batin itu akan menentukan ke arah mana kehidupannya bergerak. ~ ANDRIAS HAREFA ~

Seringkali Anda mendengar tentang berbagai-bagai nasehat untuk menenangkan atau meneduhkan atau memperjelas jalan keluar. Menurut Andrias Harefa ada Nasehat Klasik dan Nasehat yang mempersoalkan HATI.

Nasehat Klasik biasanya diterapkan hanya untuk menyentuh logika atau pikiran dari seseorang, tetapi Nasehat yang mempersoalkan Hati di sini adalah melingkupi dari pikiran, perasaan dan kemauan seseorang sebagai pribadi ciptaan TUHAN yang mulia agar dapat mengangkat harkat dan martabat sesamanya.

Contoh Nasehat klasik:
1. Belajar yang rajin supaya bisa masuk perguruan favorit
2. IPK bagus, lulus dan pekerjaan yang mapan
3. Pacaran, Menikah, dan Membangun Keluarga
4. Gangguan kesehatan lalu mati! CUKUPKAH???

Tetapi Nasehat yang mempersoalkan hati, seperti:

KETIKA 1
1. Ketika engkau sukses, kaya, populer, dan berkuasa menjadi manusia macam apa kau saat itu?
2. Ketika bertambah kemakmuran, apakah dengan mudah kau berikan uang Rp 10 juta ke wanita yang baru dikenal di cafe seperti Fatanah?
3. INGAT KETIKA engkau tidak punya apa-apa lagi, engkau seperti anjing atau keturunan setan yang tidak ada lagi moralitas atau standar hidup, contoh binis ilegal yang dilakukan oleh Nasarrudin melalui penjara baru-baru ini.
4. Dapatkah menyatakan yang benar apabila benar dan sudah punyakah watak yang dapat menghadapi masa depan nanti? (Ingat sekarang penduduk dunia lebih dari 7 Milyar manusia).

KETIKA 2
Ketika engkau gagal, hidupmu sulit, tak punya kekuasaan, tak punya apa-apa lagi akan  menjadi manusia macam apa kau saat itu?
Sebagai contoh sesorang yang dalam KONDISI PALING DIKAGUMI atau KONDISI YANG TERBAIK akan menjadi KONDISI RONGSOKAN atau Paling Buruk, ketika ia terkena kasus pidana, korupsi, KKN, Suap, Poligami Illegal, pornografi, penipuan, narkoba, ajaran sesat, berbohong, dan sebagainya. Contoh Kasus Suap Daging Sapi Impor sebesar Rp 1 Miliar yang melibatkan pengusaha Fatanah dan menjatuhkan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaag yang tertangkap tangan oleh KPK. Waktu KONDISI TERBAIKNYA itu Lutfi berkata: "BERSIH DARI KORUPSI BUKAN PRESTASI TAPI KEWAJIBAN" dan KONDISI RONGSOKANNYA adalah ketika Lutfi memakai baju tahanan KPK. Contoh lain juga pada Angelina Sondakh yang mengatakan pada Iklan televisi Kampanyenya: "Katakan Tidak untuk KORUPSI", tetapi ia divonis 4,5 penjara.

Jadi apa sebenarnya yang menjadi panggilan batin seseorang? Yaitu perubahan dari KONDISI RONGSOKAN menjadi KONDISI YANG TERBAIK sehingga dapat dikagumi oleh keluarga, sanak saudara, tetangga, orang lain, bangsa, negara dan bahkan mancanegara. Dan bukan sebaliknya dari kondisi yang terbaik berubah menjadi kondisi rongsokan.

Pendidikan adalah senjata paling kuat yang Anda dapat gunakan untuk mengubah dunia. ~ NELSON MANDELLA ~

Cara mendidik hati seorang anak:
1. Contoh orangtua dan pengajar; menepati janji, bisa dipercaya, setia pada kebenaran.
2. Waktu bersama dengan anak-anak diperpanjang untuk membangun memori.
3. Kualitas obrolan ditingkatkan dan bercerita: agar dapat memberi inovasi, inpirasi dan doa.

Sebagai orangtua, Anda juga harus bisa melepaskan hobi, kekuasaan, dan bahkan kesehatan untuk lebih perduli terhadap anak kandungnya sendiri. Pendidikan formal saja tidak cukup (pengetahuan saja yang bertambah), sedangkan pendidikan informal lebih penting agar dapat menumbuhkan kemauan anak sesuai dengan panggilan batinnya. Bakatnya terasah dengan baik dan cita-citanya pun akan cemerlang bagai emas murni.

Menurut Ir. Ciputra, bahwa ada dua jalur untuk mengembangkan bakat seseorang, yaitu jalur tradisional dan jalur akademis. Melalui jalur tradisional adalah membangun dengan kreativitas, inovasi, dan terus menerus dilakukan sehingga si anak dapat menemukan tempatnya di masyarakat. Jalur akademis adalah melalui sekolah setinggi-tingginya. Orangtua harus menolong si anak agar mengenal dirinya, mengenal penciptanya, dan menemukan bakat-bakat dalam dirinya menjadi profesi apapun agar dapat mengangkat harkat dan martabat manusia.

Melalui pendidikan, kompentensi dan profesionalitas, kita akan memiliki Kejujuran dan Integritas. Jadi akhirnya saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (FILIPI 4:8)

Proses pembelajaran dimulai dari KEMAUAN (hati) lalu PENGETAHUAN (pikiran) lalu PRAKTIK (tubuh) dan HASIL. Kemuan hanya dapat diintervensi secara ilahi oleh kekuatan langit atau kekuatan roh. Hati (kemauan) mengarahkan pikiran (pengetahuan); pikiran mengarahkan tubuh (praktek) sampai menuai hasil yang diinginkan. Yang membuat melek mata batin dan mengarahkan akal budi kepada kebaikan adalah KEBENARAN.

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Setia pada kebenaran akan mendorong orang pada kejujuran, keberanian, kesabaran, pengharapan, dan berbagai-bagai kebajikan lainnya. Tuhan memanggil kita bukan untuk menjadi berhasil, tetapi untuk menjadi hamba-NYA yang setia (not to be successfull, but to be faithful - Bunda Teresa)

Ikutilah panggilan batin untuk menjadi yang terbaik dari diri sendiri SESUAI tujuan TUHAN menciptakan Anda. Ingatlah, TUHAN tidak menciptakan Anda secara ISENG atau sebagai barang RONGSOKAN. ~ ANDRIAS HAREFA ~

Untuk mengundang Andrias Harefa dapat menghubungi:
PT MITRA PEMBELAJAR
021-460.5757; 021-3260.3383; 0815.8963.889
Email: ahrefa@gmail.com; bun.henri@gmail.com
FB: www.facebook.andriasharefa.com
Twitter: @aharefa, wwww.andriasharefa.com, www.andriasharefa.com
Audio Visual: http://www.youtube.com/watch?v=wzaPrLy-PLk

Sumber:
Seminar Mendidik Hati Anak pada hari Senin, 17 Juni 2013.
Pola Asuh yang mengutamakan Kejujuran dan Integritas.
http://www.mitrapembelajar.com/

Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
Unduh PDF-> Seminar Mendidik Hati Anak ~ Pola Asuh yang mengutamakan Kejujuran dan Integritas ~
Seminar Mendidik Hati Anak ~ Pola Asuh yang mengutamakan Kejujuran dan Integritas ~
Filter Air Sederhana dan Murah
Unduh PDF-> Tahapan Pembuatan Filter Air Serderhana dan Murah
Daur Ulang Kaleng Plastik Cat Bekas Menjadi Pot Bunga
Unduh PDF-> Daur Ulang Kaleng Plastik Cat Bekas Menjadi Pot Bunga
Tips Memilih Format Gambar
Unduh PDF-> Tips Memilih Format Gambar BMP, JPG, GIF, atau PNG
Tutorial Adobe Photoshop
Unduh PDF Tutorial Adobe Photoshop Menjadi Manusia Pembelajar ~ On Becoming A Learner ~
Free Download PDF Kamus Lengkap Sunda ke Indo atau Indo ke Sunda
The meaning comment number on Your Instagram
Khasiat dan Manfaat Buah Merah Si Emas Merah dari Papua
Membuat Biogas
Paus Benediktus XVI
Beautiful Picture
Daftar Tarif Pengiriman Tiki
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.