Monday, March 16, 2015

Air Hujan

Pemanasan air laut dan penguapan air sungai membentuk awan air di lapisan Toposfer. Awan air ini terus terbentuk merata berwarna abu-abu atau hitam membentuk awan Comulus yang bergulung-gulung. Ketika awan sudah sangat penuh dengan air dan bertabrakan dengan awan lainnya, maka akan terjadi gemuruh  kemudian dilanjutkan dengan gerimis dan terjadilah hujan.

Awan yang berwarna abu-abu merata dan menutupi seluruh wilayah, sehingga setitik cahaya matahari tidak terlihat, maka akan terjadi hujan lebat dalam waktu yang sangat lama. Hujan bisa 1-3 hari terus menerus tidak berhenti menitikan air dari langit. Awan mendung dapat menutupi cahaya matahari hingga 1-3 bulan yang mengakibatkan semua jemuran baju susah kering, susah jemur batu akik, dan tembok/lemari pada jamuran.

Sedangkan awan yang bergumpal-gumpal berwarna hitam pekat dan apabila awan ini bertabrakan dengan awan yang lain, maka akan terjadi suara gemuruh bahkan ledakan dahsyat disertai petir, hujan terjadi hanya selama 5 menit saja, tapi hujannya sangat deras dan sinar matahari pun langsung terlihat kembali, ketika awan tersebut ditiup angin ke wilayah lain. Tetapi kalau awan itu menetap, maka hujan bisa dari pagi sampai malam.

Derajat keasaman merupakan suatu sifat kimia yang penting dari suatu cairan. Satuan derajat keasaman adalah pH:
- pH 7,0 adalah netral
- pH di atas 7,0 adalah basa (alkali)
- pH di bawah 7,0 adalah asam.
Suatu asam kuat memiliki ph yang sangat rendah (hampir 1,0), sedangkan suatu basa kuat memiliki pH yang sangat tinggi (diatas 14,0).

Contoh pengujian pH dengan Kertas Lakmus, sebagai berikut:
- Larutan Rakhcan memiliki pH antara 10-11,5.
- Air laut adalah basa, karena memiliki pH antara 8,1-8,4.
- Air normal memiliki pH antara 6-8.
- Air A/C memiliki pH antara 6-7,5.
- Air hujan memiliki pH antara 6-7,5
- Air Mineral biasa memiliki pH antara 6-7,5
- Air Mineral O2 memiliki pH antara 6-7,5
- Cuka Makan (Food Grade Acetic Acid 25%) memiliki ph 2-3,5.

Molekul air dibagi menjadi 2: ion positif (OH+) dan ion negatif (OH-). Air sifatnya asam adalah (HO+) dan sifatnya basa adalah (HO-). Derajat keasaman merupakan suatu sifat kimia yang penting dari suatu cairan.

Air hujan biasanya dibiarkan saja mengalir ke selokan atau masuk ke sungai-sungai. Tetapi air hujan ini dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, cadangan air, dan untuk merendam batu akik.

Air untuk menyiram tanaman atau sebagai cadangan air, biasanya air hujan ditampung dari atap rumah yang mengalir ke gentong-gentong penampung. Sedangkan penampungan air hujan untuk perendaman batu akik, haruslah air hujan jatuh langsung dari langit ditampung pada sebuah baskom atau wadah yang lebar agar cepat penuh.

Gunakanlah tabung kaca yang memiliki tutup agar perendaman tidak terganggu oleh serangga, hewan-hewan liar, lumut, debu, dan sebagainya, sehingga batu yang direndam tetap murni.

Perendaman batu akik dengan waktu yang tidak terbatas dan diperlukan kesabaran yang tinggi. Mohon maaf kami belum melakukan penelitian untuk khasiat dari air hujan ini.

Perlu diperhatikan perendaman tidak berlaku untuk batuan yang sudah kristal seperti Catam, Safir, Cat Eye, Ruby, Emerald, Zamrud, Alexandrite, Amethyst, Intan, Berlian, Kalimaya, dan sebagainya, perendaman dengan menggunakan air hujan tidak ada pengaruhnya sama sekali. Tetapi dapat merusak batu itu sendiri karena sewaktu pencopotan batu tidak sempurna atau pemasangan kembali pada rangka cincin dipukul-pukul dengan martil kecil, sehingga batu menjadi pecah di sudut dan bahkan retak. Kualitas batu pun akhirnya menjadi menurun dan harga jual pun menjadi sangat murah.

Selamat mencoba dan selamat mendapatkan batu akik yang berkualitas dan memuaskan Gemstone Lovers sekalian. (*IG)

PERHATIAN!!!
1. Rendaman Batu disarankan satu batu dalam satu tabung kaca dan ditutup
2. Apabila masih ragu akan khasiat dari air rendaman, lakukan dengan batu yang harganya murah terlebih dulu.
3. Tidak disarankan dalam satu tabung rendaman ada dua/lebih batu, karena warna/air rendaman dapat merusak warna batu lainnya.
4. Sering mengamati perendamanan batu agar sesuai dengan keinginan Anda.
5. Hentikan perendaman, jika dirasakan sudah cukup dan keringkan.
6. Letakan ditempat teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
7. Keringkan gemstone/rough dengan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.
8. Perendaman tidak berlaku untuk batuan yang sudah kristal.

Sumber:
Penelitian ImageGambar
Berbagai Sumber

Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
Tiga Cairan Bagi Akik Lovers
Larutan Rakhcan
Perendaman dengan Air Hujan
Perendaman dengan Air A/C
Perendaman dengan Air mineral
Pengolesan dengan Olive Oil atau Minyak zaitun.
Rahasia Sukses
Biohidrogen
Pertanyaan yang sering ditanyakan
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.