Monday, March 16, 2015

Tiga Cairan Bagi Akik Lovers

Cairan yang dipergunakan sehari-hari sangatlah banyak. Dimulai dari cairan pembersih kaca, sabun cair, cairan aseton untuk pembersih kuku, cairan alkohol untuk membersihkan luka atau peralatan kedokteran, obat batuk cair, air untuk minum dan sebagainya.

Cairan yang dipergunakan oleh para Akik Lovers agak berbeda. Ada tiga cairan bagi batu akik, yaitu:
1. Larutan Rakhcan.
2. Air, seperti air hujan, air dari pembuangan A/C, air mineral, dan air yang banyak mengandung O2.
3. Olive Oil atau Minyak zaitun.

Larutan Rakhcan, ini adalah bahan kimia yang berbahaya bagi anak-anak, oleh sebab itu haruslah ditaruh ditempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak kecil. Larutan ini dipergunakan untuk merendam batuan yang masih banyak mengandung kapur. Perendaman dapat saja merusak batu oleh karena itu harus sering-sering mengamati perendaman batu. Cairan ini tidak boleh dipergunakan untuk merendam batu jenis Kalimaya dan yang sudah batu kristal.

Air Hujan jatuh langsung dari langit dan ditampung  dalam sebuah wadah untuk perendaman sebuah batu dengan tujuan agar batu lebih alami, jernih, dan meningkatkan kualitas batu. Tetapi diperlukan kesabaran yang tinggi. Perendaman ini juga tidak berpengaruh pada batu yang sudah kristal.

Air dari pembuangan A/C ditampung dalam sebuah wadah untuk perendaman sebuah batu dengan tujuan agar batu lebih jernih, mengecek keaslian warna batu dan meningkatkan kualitas batu. Tetapi perendaman dengan air A/C ini juga diperlukan kesabaran yang tinggi. Perendaman ini juga tidak berpengaruh pada batu yang sudah kristal.
Apabila batu hijau yang direndam menggunakan warna buatan, maka air akan berwarna hijau dan batunya akan hilang warnanya. Perendaman tidak merusak batu, tetapi dapat merusak warna batu kesayangan Anda.

Olive Oil atau minyak zaitun adalah minyak oles yang dipergunakan untuk semua batu akik kesayangan Anda. Penggunaan Olive oil ini juga tidak untuk batuan yang sudah kristal, seperti Catam, Safir, Cat Eye, Ruby, Emerald, Zamrud, Alexandrite, Amethyst, Intan, Berlian, Kalimaya, dan sebagainya. Minyak ini membuat batu cincin menjadi mengkilap seperti disemir dan biasa dipergunakan untuk jenis akik Bacan atau Giok.

Perawatan batu selain tiga cairan ini, ada juga yang melakukan penjemuran dibawah matahari langsung dengan tujuan agar mempercepat pengkristalan atau perubahan warna dari hijau solid menjadi warna toska. Untuk penjemuran ini harus berhati-hati karena dapat merusak pori-pori batu dan hilang diambil oleh orang lain. Cara yang paling mudah agar tidak hilang adalah dengan memakainya setiap hari dalam beraktivitas, kecuali mau tidur di malam hari.

Bagi Akik Lovers harus berhati-hati dengan batu cincin kesayangan Anda. Bacalah petunjuk penggunaannya dengan teliti. Apabila sudah jelas, alangkah baik dicoba dengan batu akik yang murah terlebih dahulu. Jika percobaan perendaman dan penjemuran berhasil, maka Anda dapat mencobanya dengan batuan yang masih berkapur atau batu yang warnanya masih solid/belum kristal. Apabila gagal percobaannya, konsultasikan dengan para ahli treatment batu cincin agar sesuai dengan keinginan Anda, misalnya warna batu ingin cerah, batu ingin hilang kapurnya, warna hijau solid menjadi hijau toska, batu biasa menjadi kristal, dan sebagainya.

Selamat melakukan penelitian dengan menggunakan carian Rakhcan, Air, dan Minyak Zaitun. Dengan kesabaran, ketekunan, takaran yang sesuai, rough/gems yang bagus, maka akan menghasilkan bahan rough/gems yang bagus, berkualitas, dan memuaskan Anda beserta Akik Lovers. (*IG)

PERHATIAN!!!
1. Rendaman Batu disarankan satu batu dalam satu tabung kaca dan ditutup
2. Apabila masih ragu akan khasiat dari air rendaman, lakukan dengan batu yang harganya murah terlebih dulu.
3. Tidak disarankan dalam satu tabung rendaman ada dua/lebih batu, karena warna/air rendaman dapat merusak warna batu lainnya.
4. Sering mengamati perendamanan batu agar sesuai dengan keinginan Anda.
5. Hentikan perendaman, jika dirasakan sudah cukup dan keringkan.
6. Letakan ditempat teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
7. Keringkan gemstone/rough dengan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.
8. Perendaman tidak berlaku untuk batuan yang sudah kristal.

Kesimpulan:
Perendaman batuan Akik tidak berpengaruh dari pH sebuah cairan atau larutan. Perendaman bereaksi karena adanya unsur-unsur yang dapat mengubah warna batuan atau membuatnya menjadi kristal dengan cara menghilangkan zat kapur. Setiap penelitan haruslah memiliki kesabaran tinggi agar menghasilkan sebuah akik atau bahan akik yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda.

Sumber:
Penelitian ImageGambar
Berbagai Sumber

Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
Tiga Cairan Bagi Akik Lovers
Larutan Rakhcan
Perendaman dengan Air Hujan
Perendaman dengan Air A/C
Perendaman dengan Air mineral
Pengolesan dengan Olive Oil atau Minyak zaitun.
Rahasia Sukses
Biohidrogen
Akik Gambar (Picture Agate)
SQL Injection
Damai Itu Indah
Daftar Tarif Pengiriman Tiki
Pertanyaan yang sering ditanyakan
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.