Friday, October 14, 2016

Kegunaan Pohon Turi sebagai penghambat banjir

Bunga Turi sering disebut sebagai sayuran untuk dimasak berbagai olahan makanan atau langsung sebagai lalapan. Bunga Turi yang berwarna merah biasanya juga dipakai sebagai penghias taman di pekarangan rumah.

Kegunaan lain dari pohon Turi selain bunganya sebagai berikut.

1. Kayu
Pohon Turi dapat mencapai ketinggian 2 meter hingga 12 meter. Pohon dapat ditanam rapat-rapat. Kayunya lunak, berwarna putih dan ringan dapat dipergunakan sebagai perabot rumah, ukiran kayu, wayang golek, pulp, tiang rumah dan sebagainya.

2. Kulit pohon Turi dapat dijadikan kosmetik.

3. Buah Turi dengan bijinya seperti kacang kedelai ini dapat dibuat sebagai bahan baku tempe.

4. Daun Turi biasanya dipergunakan untuk pakan ternak. Tetapi karena daun Turi yang mengandung saponin, maka dapat dipergunakan sebagai pengganti sabun setelah diremas-remas dalam air untuk mencuci pakaian.

5. Getah Pohon Turi
Pepagan turi mengeluarkan getah bening yang akan mengeras menjadi gom apabila kena udara. Gom ini dimanfaatkan sebagai pengganti gom arab, dan digunakan dalam makanan dan perekat. Di Karimunjawa, lendirnya digunakan untuk pewarna.Getah turi itu dimanfaatkan nelayan zaman dahulu untuk mengolesi tali pancing dan jala agar lebih awet. Getah ini juga dapat dicampurkan ke dalam cat hitam yang dipakai untuk mengawetkan tambang atau kayu bangunan; selain itu getah juga bersifat mengikat cat. Gom turi digunakan pula sebagai perekat dalam penjilidan buku. Di samping getah, cairan rebusan pepagan turi dipakai untuk merendam alat-alat penangkap ikan sehingga tahan lama. Di Kebumen, air rebusan yang dicampur dengan jelaga dipakai untuk memberi warna hitam pada kerajinan anyaman bambu.

6. Alasan Pohon Turi ditanam adalah sebagai:
- pohon peneduh.
- pagar hidup.
- penahan angin.
- pohon rambatan.
- pohon hias, karena warna bunganya sangat indah ada yang merah atau putih atau campuran merah putih.
- pohon bisa ditanam bersamaan dengan singkong, kelor, dan sayuran lainnya.
- pohon sebagai penghambat banjir, karena pohon Turi dapat menghisap air tiada henti dari tanah atau pinggiran sungai dalam jumlah banyak setiap menitnya.
- akar pohon Turi juga sebagai tempat menyimpan banyak air, sehingga air hujan tertahan dalam tanah dan tidak langsung masuk ke sungai lalu ke laut.
- pohon untuk menghijaukan lahan kritis, karena pohon Turi dapat tumbuh di tanah yang sangat asam atau basa atau tanah yang tidak subur.
- pohon yang dapat memperbaiki kesuburan tanah karena melalui bintil-bintil akar pada turi mengikat nitrogen dalam tanah dan daun-daun yang berguguran ke tanah menjadi mulsa sehingga bisa sebagai pupuk kompos alami.
- jika pohon Turi ditanam dekat sumber air dan tanah yang subur, maka pohon Turi akan mudah tumbuh tinggi dan besar dalam hitungan bulan. Karena sangat subur dan banyak air, maka pohon Turi banyak menghasilkan daun, ranting, bunga dan buah.

Sumber:
http://manfaat.co.id/manfaat-kembang-turi
https://id.wikipedia.org/wiki/Turi
http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2014/01/manfaat-kembang-turi-untuk-kesehatan.html
http://manfaatnyasehat.com/manfaat-bunga-turi/
http://www.daribuahdaun.tk/2015/03/manfaat-kembang-turi-untuk-kesehatan.html
http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-turi-merah-sehat-cantik.html
http://pondokibu.com/mengencangkan-dan-memperbesar-payudara-dengan-bunga-turi.html
https://cookpad.com/id/cari/olahan%20bunga%20turi

Artikel Lainnya:
Siklus Bunga Turi
Masakan dari Bunga Turi
Manfaat untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Kegunaan Pohon Turi sebagai penghambat banjir
Semua Suka Turi
Hama Pohon Turi

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.