Friday, October 14, 2016

Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga Turi sering disebut sebagai sayuran untuk dimasak berbagai olahan makanan atau langsung sebagai lalapan. Bunga Turi yang berwarna merah biasanya juga dipakai sebagai penghias taman di pekarangan rumah.

Kandungan Zat yang Ada pada Kembang Turi

manfaat kembang turiTanaman yang memiliki nama ilmiah sesbania grandiflora ini memiliki bunga yang unik. Dimana pada bunga tersebut memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium), dan juga berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta Beta karoten).

Adapun rincian kandungan nutrisi dari 100 gram bunga turi antara lain adalah :
    Air : 91.58 gram
    Protein : 1.28 gr
    Lemak : 0.04 gr
    Karbohidrat : 6.73 gr
    Kalsium : 18 mg
    Zat besi : 0.84 gr
    Magnesium : 12 mg
    Fosfor : 30 mg
    Potasium : 184 mg
    Sodium : 15 mg
    Selenium :  0.8 µg
    Vitamin C : 73 mg
    Thiamin : 0.083 mg
    Riboflavin : 0.081 mg
    Niacin : 0.430 mg
    Folate : 102 µg


Manfaat dari tumbuhan Turi untuk Kesehatan dan Kecantikan sebagai berikut.

1. Membantu proses penyembuhan luka
Studi yang telah dilakukan oleh International Journal of Pharma Tech Research pada tahun 2011 menyatakan bahwa ektrak etanol yang terdapat dalam manfaat kembang turi dapat membantu proses penyembuhan luka secara potensial. Hal ini bahkan melebihi efek penyembuhan luka dengan menggunakan nitrofurazone.

2. Mengobati rabun senja
Kembang turi dapat dimanfaatkan untuk mengonbati gangguan rabun senja (night blindness) yang disebabkan oleh penyakit gusi.

3. Untuk mengobati sariawan
Seseorang yang mudah terserang sariawan adalah mereka yang kekurangan asupan vitamin C.  Untuk mengatasi gangguan ini, kita bisa memanfaatkan kulit batang kembang turi yang diremas-remas dalam air sebagai obat kumur. Atau bisa juga kulit batang tersebut direbus terlebih dahulu, lalu hasil rebusannya bisa kita minum.

4. Mengobati radang tenggorokan
Manfaat kembang turi untuk kesehatan juga sangat berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan seperti terjadinya peradangan pada daerah tersebut. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air yang telah bercampur hasil remasan daun kembang turi. Lakukan hal tersebut secara rutin minimal 4 kali dalam sehari.

5. Membantu mengatasi gangguan disentri
Disentri atau berak yang bercampur dengan darah dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan kulit batang kembang turi merah bersama 2 gelas air selama beberapa saat hingga air tersisa setengahnya saja. Terapi ini sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

6. Untuk mengatasi pembengkakan pada kuku
Tersandung kemungkinan besar akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada daerah dibawah kuku kaki. Hal ini bisa saja menimbulkan rasa nyeri serta timbulnya pembekuan darah di daerah tersebut. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk mengambil beberapa lembar daun kembang turi lalu ditumbuk hingga halus.
Terapkan hasil tumbukan tersebut pada bagian kuku kaki yang sakit sebelum diterapkan perban. Lakukan hal ini secara rutin minimal 2 hingga 3 kali dalam sehari. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa nyeri serta menghilangkan terjadinya pembekuan darah pada daerah tersebut.

7. Untuk mengobati batuk
Gangguan batuk bisa juga kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari manfaat kembang turi. Caranya adalah dengan menumbuk halus +/- segenggam daun kembang turi merah. Tambahkan perasan jeruk nipis, lalu minum ramuan tersebut. Atau bisa juga dengan menumbuk halus buku-buku jari akar kembang turi lalu ditambahkan ½ cangkir air hangat dan sedikit madu.
Saring lalu konsumsi ramuan tersebut secara teratur, maka gangguan batuk seperti batuk berdahak akan segera dapat tertangani.

8. Untuk mengatasi Demam
Pada saat kita atau anggota keluarga kita ada yang terserang demam, sebaiknya kita tidak terlalu panik. Cobalah untuk menumbuk halus daun kembang turi, untuk selanjutnya tambahkan +/- ¾ air hangat dan juga garam. Saring ramuan tersebut, lalu minum secara teratur. Sedangkan untuk mengatasi demam yang disebabkan oleh penyakit cacar terutama pada anak-anak, kita bisa menggunakan kulit kayu kembang turi untuk kemudian direbus.
Setelah dingin dan disaring, minumkan ramuan tersebut pada anak-anak yang terserang demam akibat gangguan cacar secara rutin.

9. Untuk mengobati sakit kepala dan pilek
Cara mengatasi gangguan ini hampir sama dengan cara mengatasi demam, yaitu dengan menumbuk terlebih dahulu +/- segenggam daun kembang turi, untuk selanjutnya ditambahkan air matang dan disaring. Langkah selanjutnya adalah meminum ramuan tersebut secara rutin.

10. Mengatasi rasa kaku pada tubuh
Cara mengatasi rasa kaku yang timbul pada beberapa bagian tubuh adalah dengan mengambil akar kemang turi merah lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan sedikit air. Setelah itu gunakan ramuan tersebut sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang terasa sakit.

11. Anti Tuberkulosis
Penelitian terbaru mendapatkan bahwa akar turi mengandung bahan-bahan aktif yang bersifat anti-tuberkulosis terhadap bakteria Mycobacterium tuberculosis. Bahan-bahan itu di antaranya adalah asam betulinat dan tiga macam isoflavanoid.

12. Mengobati penyakit cacar air Cacar air merupakan penyakit kulit yang membuat penderita menjadi tidak nyaman. Obati dengan minum air yang didapatkan dari kulit tanaman turi, dengan cara direbus.

13. Mengobati kudis (scabies) Salah satu penyakit kulit yang sangat meresahkan adalah kudisan atau budukan. Kondisi kulit ini dalam istilah medis disebut scabies. Tidak sulit untuk mendapatkan obat scabies, karena bahannya tersedia di sekitar anda. Tumbuk kulit batang turi merah sampai lumat, aplikasikan pada kulit yang bermasalah.

14. Mencegah batu ginjal Dengan rutin mengkonsumsi bunga turi, dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal yang terbentuk dari kristal kalsium oksalat. Anda dapat menyantapnya sebagai pecel atau sup.

15. Memperlancar ASI
Bagi para wanita yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi bagian bunga maupun daun dari kembang turi sebagai lalapan atau dipergunakan dalam masakan lainnya. Manfaat kembang turi  untuk payudara dipercaya dapat membantu memperlancar ASI serta mengatasi berkurangnya jumlah produksi ASI.

16. Membantu mengobati keputihan
Gangguan ini biasa dialami oleh seorang wanita, dimana penyebabnya adalah pertumbuhan jamur candida yang abnormal di dalam vagina. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari daun kembang turi dan kunyit yang telah dihaluskan. Campurkan dengan air sebanyak +/- ¾ cangkir. Setelah tercampur, peras atau saringlah ramuan tersebut. Dan untuk selanjutnya minum ramuan tersebut minimal 2 kali dalam sehari.

17. Mengencangkan Dan Memperbesar Payudara
Selain untuk memperbanyak ASI. Sementara itu, ternyata bunga turi juga sangat baik digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengencangkan dan memperbesar payudara. Dengan cara ambil bunga turi secukupnya, kemudian cuci sampai bersih. Rebus bunga turi yang telah dicuci bersih kemudian pisahkan bunga turi dengan air rebusannya. Birkan air rebusan bunga turi hingga dingin kemudian diminum. Untuk bunga turinya dapat di konsumsi sebagai sayur atau dimasak. Lakukan cara tersebut secara teratur sampai Anda mendapatkan payudara yang ideal sesuai keinginan. Anda juga bisa menjadikan bunga turi sebagai hidangan setiap hari.

18. Mengatasi jerawat dan menghaluskan kulit
Tumbuk pucuk daun kembang turi hingga halus, lalu balurkan pada jerawat yang bengkak. lakukan secara teratur. Menghaluskan kulit dengan cara menumbuklah beberapa buah bunga turi hingga lembut, oleskan pada wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

19. Kulit kayunya yang berwarna merah dijual dengan nama kayu timor. Kadar tanin yang tinggi inilah yang menyebabkan dapat digunakan untuk penyembuhan luka atau disentri. Pada umumnya kayu timor ini digunakan untuk mengobati berak darah dan mengatasi peradangan, memar, bengkak-bengkak, keseleo, terpukul, luka, dan rematik.

20. Emetik
Jika terlalu banyak diminum, maka air rebusan bunga Turi ini akan bekerja sebagai obat muntah (emetik).


PERHATIAN
1. Manfaat dari tumbuhan Turi untuk Kesehatan dan Kecantikan ini belum pernah diujicoba (Copas).
2. Air rebusan bunga Turi akan bekerja sebagai obat muntah (emetik).
3. Belum diketahui efek samping dari zat yang terkandung, oleh sebab itu berhati-hatilah karena dari getahnya (gom) dipergunakan untuk mengawetkan tali pancing dan jala nelayan.
4. Disarankan, jika sakit Anda, maka pergilah ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Atau jika ingin cantik dan ganteng pergilah ke salon kecantikan kesayangan Anda segera.

Sumber:
http://manfaat.co.id/manfaat-kembang-turi
https://id.wikipedia.org/wiki/Turi
http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2014/01/manfaat-kembang-turi-untuk-kesehatan.html
http://manfaatnyasehat.com/manfaat-bunga-turi/
http://www.daribuahdaun.tk/2015/03/manfaat-kembang-turi-untuk-kesehatan.html
http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-turi-merah-sehat-cantik.html
http://pondokibu.com/mengencangkan-dan-memperbesar-payudara-dengan-bunga-turi.html
https://cookpad.com/id/cari/olahan%20bunga%20turi

Artikel Lainnya:
Siklus Bunga Turi
Masakan dari Bunga Turi
Manfaat untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Kegunaan Pohon Turi sebagai penghambat banjir
Semua Suka Turi
Hama Pohon Turi

Bagaimana cara menggunakan mask input tanggal

Bagaimana cara menggunakan mask input Tanggal, NPWP, Nomer Telpon lebih mudah dilihat.